Mobil

Toyota Siap Pamerkan Mobil Swakemudi Pertamanya, Seperti Apa?

Bikin penasaran banget nih.

Angga Roni Priambodo

Booth Lexus. (Suara.com/Muhaimin A. Untung)
Booth Lexus. (Suara.com/Muhaimin A. Untung)

Mobimoto.com - Toyota Research Institute unjuk gigi dengan teknologi mengemudi otomatis baru berbasis Toyota Lexus LS. Hal tersebut terkuak dalam ajang Consumer Electronics Show (CES) 2019 yang berlangsung di Las Vegas, Amerika Serikat, belum lama ini.

Seperti namanya, teknologi yang dikembangkan oleh produsen otomotif asal Jepang ini berfokus pada sistem otonomi atau swakemudi penuh. Posisi pengemudi akan digantikan oleh sopir digital secara total.

Pihak Toyota mengatakan, pengembangan mode mengemudi otomatis pada Lexus LS tidak hanya menjadi impian dari para orang berpendapatan tinggi. Namun menjadi pilihan bagi teknologi kontrol kemudi masa depan.

"Kelincahan yang lebih luas, dengan daya manuver lebih responsif, serta tarikan lebih halus ditemukan pada sistem swakemudi," demikian dipaparkan perwakilan Toyota, serta dikutip dari Carcoops, Jumat (4/1/2019).

Berdasarkan pengalaman yang dipelajari dari prototipe Platform 3.0 sebelumnya, teknologi ini menggunakan sistem penginderaan LIDAR. Sistem kerjanya dibantu oleh dua kamera tambahan dan dua sensor pencitraan baru yang menghadap ke depan dan belakang.

Lexus ES. (lexus.com)
Lexus ES. (lexus.com)

Selain kamera dan sensor tambahan, sistem ini juga memiliki teknologi radar yang ditingkatkan untuk mendeteksi jarak dekat secara lebih baik.

Hal ini bukan satu-satunya peningkatan prototipe yang diberi nama P4. Toyota mengklaim, sistem baru memungkinkan untuk melakukan input yang lebih cepat.

"Sistem akan bereaksi lebih cepat dan mengoperasikan lebih banyak algoritma pembelajaran mesin secara paralel untuk pembelajaran yang lebih cepat," pungkas keterangan resmi pabrikan Toyota.

Suara.com/Manuel Jaghesta Nainggolan

Berita Terkait

Berita Terkini