Mobil

Raungan Mesin NSX Bisa Tenangkan Bayi yang Rewel, Kok Bisa ya?

Faktanya, 11 dari 12 bayi berhenti rewel setelah mendengarkan raungan mesin Acura NSX.

Angga Roni Priambodo | Praba Mustika

Honda NSX atau Acura NSX. (Car and Driver)
Honda NSX atau Acura NSX. (Car and Driver)

Mobimoto.com - Honda NSX atau Acura NSX merupakan sebuah mid-engine sports car yang diproduksi barengan antara Honda dan Acura. Baru-baru ini, Honda melakukan sebuah penelitian yang menemukan bahwa raungan mesin Acura NSX bisa menenangkan bayi yang sedang rewel, lho.

Melansir dari Road and Track, Honda membuat sebuah prototipe produk bernama Sound Sitter. Sebuah mainan anak-anak berbentuk boneka mobil Honda S600 yang di dalamnya terdapat speaker yang dioperasikan menggunakan ponsel pintar.

Bermula dari sebuah riset psikologi tentang suara yang menenangkan bayi dan anak kecil, Honda merekam suara knalpot mobil buatan mereka. Total ada 37 mobil Honda dari enam dekade yang suara knalpotnya direkam dan dijadikan sampel.

Dari 37 mobil tersebut, di antaranya adalah Honda NSX-R 2002, Honda Life 1974, Honda Ballade Sports CRX lansiran tahun 1983 serta kendaraan pertama buatan Honda, sebuah mobil pickup mid-engine T360 lansiran tahun 1965.

Raungan Mesin NSX Bisa Tenangkan Bayi yang Rewel. (Honda.co)
Raungan Mesin NSX Bisa Tenangkan Bayi yang Rewel. (Honda.co)

Honda kemudian membuat ulang suara knalpot dengan dengungan suara frekuensi rendah yang, bagi bayi serupa dengan suara yang didengar bayi di dalam rahim sang ibu.

Dengan menggunakan sampel suara mesin dengan kualitas hi-fi, insinyur Honda kemudian melakukan uji coba kepada 12 bayi dan anak kecil berusia enam hingga 16 bulan. Setiap bayi mulai menangis, suara sampel pun dibunyikan.

Kemudian, para insinyur tadi menghitung detang jantung dan pola pernapasan pada bayi-bayi yang diuji. Oh iya, para bayi akan mendengarkan sampel suara mesin tadi selama dua menit. Hasilnya, 11 dari 12 bayi terpantau lebih rileks ketika mendengarkan suara mesin V6 twin-turbo dengan kapasitas 3.5 liter, yang merupakan mesin dari mobil Honda NSX.

Raungan Mesin NSX Bisa Tenangkan Bayi yang Rewel. (Honda.co)
Raungan Mesin NSX Bisa Tenangkan Bayi yang Rewel. (Honda.co)

Sayangnya, Honda belum berencana untuk memproduksi dan memasarkan boneka berbentuk mobil ini. Mungkin saja, ini bisa jadi produk yang laku agar memudahkan para orang tua ketika si bayi sedang rewel. Atau pilihan lain, adalah dengan membeli sebuah Honda NSX?

Berita Terkait

Berita Terkini