Selasa, 03 Agustus 2021

Fitur Keamanan Mobil Ini Ternyata Sudah Ada Sejak 1959, lho

Hadir di mobil prototipe, tapi sayang, hanya teknologinya yang bertahan sampai sekarang.

Angga Roni Priambodo | Praba Mustika
cloud_download Baca offline
Ilustrasi Collision Warning System. (Consumer Reports)
Ilustrasi Collision Warning System. (Consumer Reports)

Mobimoto.com - Teknologi keamanan seperti Collision Warning System sudah bukan barang baru lagi di industri otomotif, meskipun masih tetap jadi nilai jual yang bagus untuk konsumen. Ternyata teknologi keamanan yang jamak dipakai di mobil-mobil zaman sekarang ini sudah hadir sejak tahun 1959, lho.

Dilansir dari Jalopnik, Cadillac Cyclone merupakan mobil prototipe yang punya desain mirip seperti sepasang peluru, didesain oleh Harley Earl.

Cadillac Cyclone 1959. (Carstyling)
Cadillac Cyclone 1959. (Carstyling)

Cadillac Cyclone membawa mesin V8 yang mampu memproduksi tenaga hingga 325 daya kuda.

Mobil bergaya convertible ini juga punya teknologi modern (pada saat itu) seperti tombol untuk membuka pintu dan tentu saja fitur Collision Warning System.

Collision Warning System yang digunakan di Cadillac Cyclone menggunakan radar yang berguna untuk membaca situasi yang ada di depan mobil. Jadi, ketika ada objek yang menghalangi dan dianggap bisa menimbulkan kecelakaan, radar akan memberikan informasi kepada pengemudi.

Namun tentu ada perbedaan dengan Collision Warning System yang ada pada mobil-mobil zaman sekarang ini. Pada Cadillac Cyclone, sistem tersebut tidak menginterupsi sistem pengereman, hanya memberikan informasi kepada pengemudi dan pengemudilah yang tetap melakukan pengereman.

Sayangnya, Cadillac Cyclone hanya berakhir sebagai mobil prototipe dan tidak pernah diproduksi masal.

Terkait

Terkini