Mobil

Tesla Patenkan Teknologi GPS yang Diklaim Lebih Akurat

Paten ini, berguna untuk kendaraan otonom dan fitur Autopilot pada mobil elektrik buatan Tesla.

Angga Roni Priambodo | Praba Mustika

Tesla Model 3. (myev.com)
Tesla Model 3. (myev.com)

Mobimoto.com - Perusahaan mobil milik Elon Musk, Tesla, sepertinya tidak pernah berhenti membuat pembaruan di industri otomotif. Mulai dari mobil elektrik, mobil otonom hingga fitur-fitur pendukung yang inovatif. Yang teranyar, Tesla baru saja mematenkan teknologi GPS buatan mereka, yang diklaim lebih akurat.

Memang bukan GPS biasa, yang dipatenkan oleh Tesla, Sob. GPS yang dikembangkan oleh Tesla ini, berguna untuk mengakomodir kendaraan otonom pada seri mobil-mobil mereka.

Akurasi GPS pada kendaraan otonom, memang jadi hal wajib, Sob. Melansir Electrek, paten ini disebut sebagai 'Technologies for vehicle positioning', yang sudah diajukan sejak tahun lalu, namun baru dipublikasikan minggu ini.

Dalam dokumen aplikasi paten teknologi GPS, Tesla menyebutkan bahwa gedung, jembatan, pohon dan objek lain yang berpotensi mengurangi akurasi GPS.

Tesla, menawarkan beberapa solusi dari masalah terkait akurasi pemosisian GPS, di antaranya dengan memanfaatkan kamera yang berguna untuk mencocokan data dan mengoreksi posisi.

Pencocokan data dan koreksi posisi yang dimaksud, adalah dengan pertukaran data antar kendaraan, atau dengan menggunakan sensor.

Dokumen Paten yang Diajukan Tesla Untuk Meningkatkan Akurasi GPS. (Dok. Tesla)
Dokumen Paten yang Diajukan Tesla Untuk Meningkatkan Akurasi GPS. (Dok. Tesla)

Dari diagram di atas, kurang lebih menjelaskan bahwa teknologi tersebut memungkinkan peningkatan akurasi posisi pada mobil-mobil elektrik buatan Tesla, meskipun sinyal GPS tidak cukup kuat.

Lebih lanjut, dalam paten tersebut memang, Tesla begitu ingin membuat fitur Autopilot mereka lebih baik lagi.

Berita Terkait

Berita Terkini