Mobil

Gara-Gara Kasus Ini, Chairman Nissan dan Mitsubishi Dipecat

Reputasi Carlos Ghosn hancur lebur karena kasus ini.

Angga Roni Priambodo | Husna Rahmayunita

Carlos Ghosn. (Shutterstocks)
Carlos Ghosn. (Shutterstocks)

Mobimoto.com - Nasib Carlos Ghosn bak sudah jatuh tertimpa tangga. Dua perusahaan otomotif berpengaruh, Nissan dan Mitsubishi resmi mencopot jabatannya sebagai chairman.

Seperti yang diketahui, pimpinan yang berpengaruh di industri otomotif tersebut ditangkap di Jepang atas tuduhan menyalahgunakan aset mitra dan dicurigai memanipulasi uang karena tidak pernah melaporkan keuangannya selama beberapa tahun.

Padahal selama ini, pria keturunan Brasil-Lebanon tersebut dikenal memiliki citra yang baik. Dia telah lama dikagumi di Jepang karena berhasil memperkerjakan lebih dari 22.000 orang di Nissan dan lebih dari 30.000 di Mitsubishi.

Kabar ditangkapnya pahlawan otomotif Jepang itu pun tak pelak menyedot perhatian. Sosok Carlos Ghosn kehilangan reputasi yang selama ini telah dibangun.

''Dia kehilangan kepercayaan dari Nissan dan tidak dapat menjalankan tugansya sebagai ketua dan wakil direktur (Mitsubishi) lagi,'' ungkap Osamu Masuko selaku Kepala Eksekutif Mitsubishi seperti yang dikutip dari laman Nytimes.

Nissan dan Mitsubishi. (autoevolution.com)
Nissan dan Mitsubishi. (autoevolution.com)

Kini, Carlos Ghosh mendekam di penjara Tokyo dan tidak bisa bertemu kelurganya meksi telah dikunjungi duta besar Perancis dan Brasil.

Sebagai tamnbahan info, dalam kasus ini muncul juga nama Greg Kelly, mantan manajer Sumber Daya Manusia (SDM) Nissan. Ia diduga bersekongkol dengan Carlos Ghosh untk memanipulasi dokumen pendapatan.

Ngerinya atas dugaan kasus ini, Carlos Ghosn bisa mendapat tuntutan maksimal 10 tahun dan denda 10 juta yen.

Berita Terkait

Berita Terkini