Mobil

Masalah Bau Mobil Baru, Ford Luncurkan Terobosan Baru

Masalah bau mobil baru, membuat Ford putar otak.

Angga Roni Priambodo | Husna Rahmayunita

Interior mobil Ford. (Arstechnica.com)
Interior mobil Ford. (Arstechnica.com)

Mobimoto.com - Saat membeli barang baru, biasanya akan muncul aroma yang tidak sedap dan membuat tak nyaman. Seperti hal dengan bau mobil baru yang membuat para pemilik di China merasa tidak nyaman.

Konon, di Negara Tirai Bambu banyak pelanggan yang tidak menyukai bau mobil baru, sehingga hal itu berpengaruh dengan daya beli konsumen. Sadar akan masalah tersebut, perusahaan otomotif Ford dikabarkan menawarkan solusi.

Pasar China sendiri dikenal sebagai sasaran empuk bagi perusahaan mobil. Perusahaan Ford yang dikenal memiliki julukan Blue Oval kemudian mengajukan paten cara menghilangkan bau pada mobil baru.

''Paten ini adalah hasil penelitian bertahun-tahun dan hanya satu ide yang kami pertimbangkan untuk masa depan,'' ungkap Debbie Mielewski, selaku pimpinan teknis Ford seperti yang dikutip dari laman Motor1.

Masalah bau mobil sendiri disebabkan oleh senyawa organik yang berasal dari kulit, plastik, vinil dan bahank kimia yang digunakan untuk menyegel suku cadang.

Ilustrasi Ford Ranger. (Car And Driver)
Ilustrasi Ford Ranger. (Car And Driver)

Bau tersebut akan sangat menggangu apalagi saat suhu mobil tinggi. Bahkan, menurut studi bau mobil menempati posisi kedua masalah terbesar setelah konsumsi bahan bakar berlebihan.

Paten yang diajukan Ford pun kemudian melalui beberapa tes, mulai dari 'memanggang' mobil di bawah terik matahari, membuka jendela dan menyalakan kipas panas.

Sayang belum diketahui, kapan paten itu secara resmi akan diluncurkan.

Berita Terkait

Berita Terkini