Mobil

Riset: Jenis Mobil Apasih yang Jadi Favorit Generasi Milenial?

Kira-kira model favoritnya seperti apa ya?

Dany Garjito | Cesar Uji Tawakal

Ilustrasi mobil SUV. (express.co.uk)
Ilustrasi mobil SUV. (express.co.uk)

Mobimoto.com - Generasi milenial merupakan orang yang lahir antara tahun 80an hingga 90an. Generasi ini adalah generasi masa transisi di antara generasi 'analog' yang lahir lebih dulu, di mana teknologi belum terlalu maju, dan generasi 'digital' di mana semuanya serba canggih.

Generasi milenial saat ini memasuki usia produktif, membuat mereka menjadi pasar potensial yang perlu diperhatikan, terutama bagi industri otomotif di mana generasi milenial-lah yang akan menjadi konsumen utama mereka beberapa tahun ke depan.

SUV Dodge Durango. (motor1.com)
Salah satu contoh SUV, Dodge Durango. (motor1.com)

Melihat hal itu, sebuah riset dilakukan untuk mencari mobil apa yang paling digemari oleh generasi ini. Untuk saat ini, menurut riset generasi milenial sudah menjadi 12% dari jumlah keseluruhan pembeli mobil baru, dan akan meningkat jumlahnya seiring waktu.

Menurut riset yang dilakukan oleh SEAT, sebuah produsen kendaraan asal Spanyol, sebanyak 40% pembeli mobil dari generasi milenial lebih memilih kendaraan berdasarkan desain atau model. Karena desain mobil merupakan simbol identitas bagi pemiliknya. Ungkap riset tersebut dikutip dari Autoevolution (18/11).

All New Honda Brio di GIIAS 2018. (Mobimoto.com/Praba Mustika)
All New Honda Brio, salah satu contoh mobil compact. (Mobimoto.com/Praba Mustika)

Di antara mobil-mobil yang memiliki 'desain cakep' tersebut, sebanyak 50% lebih memilih mobil 'compact' dibandingkan jenis mobil yang lain. Sementara 20% lebih suka jenis mobil SUV.

Kebiasaan membeli dari milenial juga menarik diperhatikan, karena menurut riset hanya sebanyak 1/5 atau 20% dari milenial yang sanggup membeli mobil dengan uang sendiri, sementara sisanya membeli dengan cara 'meminjam' atau kredit.

Jadi itulah hasil riset yang dilakukan oleh SEAT mengenai mobil favorit generasi milenial. Bener nggak nih, Sob? 

Berita Terkait

Berita Terkini