Mobil

Bimmers Wajib Tahu, Inilah Sejarah Kidney Grill Khas BMW

Identitas mobil BMW, ya kidney grill-nya.

Angga Roni Priambodo | Praba Mustika

Ilustrasi Kidney Grille Khas BMW. (Petrolicious)
Ilustrasi Kidney Grille Khas BMW. (Petrolicious)

Mobimoto.com - Bimmers adalah sebutan bagi penyuka dan penggemar mobil asal Jerman, BMW. Banyak Bimmers yang menyukai BMW karena desain, maupun keandalan mesinnya. Satu hal yang tentu saja menjadi ciri khas pada mobil BMW adalah desain gril yang disebut sebagai 'Kidney Grille'.

Banyak yang pro maupun kontra dengan desain gril mobil BMW yang semuanya hampir serupa. Tapi kamu tahu gak, sejarahnya Kidney Grille yang ada pada semua mobil BMW?

Jadi, pada awalnya BMW yang didirikan pada 1917 merupakan pembuat pesawat terbang. BMWBlog bahkan mengatakan kalau logo BMW sendiri terinspirasi dari desain baling-baling pesawat terbang, lho.

Setelah perang dunia pertama usai, BMW menghentikan produksi pesawat terbangnya dan mencoba peruntungan dalam membuat sepeda motor dan mobil.

Nah, sejak saat itulah BMW mulai menerapken desain Kidney Grille pada mobil buatan mereka. Salah satu yang ikonik adalah BMW 303 yang lansiran tahun 1933-1934.

BMW 303 Lansiran Tahun 1933. (BMWBlog)
BMW 303 Lansiran Tahun 1933. (BMWBlog)

Menurut Uberpanache, desain Kidney Grille ini dibuat di sebuah bengkel bodi di kota Bruchsal, Baden, Jerman. Awalnya, desain gril ini malah sudah digunakan terlebih dahulu oleh Ihle bersaudara (pemilik bengkel).

Seorang insinyur bernama Fritz Fiedler, kemudian menyempurnakan desain Kidney Grille dan menerapkannya pada jajaran mobil BMW.

Ilustrasi Kidney Grille Khas BMW. (Petrolicious)
Ilustrasi Kidney Grille Khas BMW. (Petrolicious)

Menurut Uberpanache, istilah Kidney Grille hadir karena desainnya, yang memiliki dua lubang yang berdampingan secara simetris. Sementara kebanyakan mobil pada saat itu, masih menggunakan desain gril tunggal.

Sejak itulah, BMW kemudian tetap membawa desain Kidney Grille di setiap produksi mobil BMW. Meskipun ada beberapa perubahan, tapi tetap karakter desain Kidney Grille masih dipertahankan.

Ilustrasi Kidney Grille Mobil BMW. (Car Throttle)
Ilustrasi Kidney Grille Mobil BMW dari Tahun ke Tahun. (Car Throttle)

Konsistensi BMW dengan Kidney Grille pada mobil buatannya membuat desain gril tersebut menjadi sangat ikonik dan menjadi identitas mobil-mobil BMW.

Berita Terkait

Berita Terkini