Mobil

Tidak Diberi Jalan, Sopir Mobil Damkar Ini Emosi

Mobil pemadam kebakaran harus mendapat prioritas di jalan raya.

Angga Roni Priambodo | Praba Mustika

Tidak Diberi Jalan, Sopir Mobil Damkar Ini Emosi. (Instagram/agoezbandz)
Tidak Diberi Jalan, Sopir Mobil Damkar Ini Emosi. (Instagram/agoezbandz)

Mobimoto.com - Mobil pemadam kebakaran alias damkar, merupakan kendaraan yang memperoleh hak utama untuk didahulukan. Hal ini seperti tercantum dalam Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, dalam pasal 134.

Pasal tersebut bahkan mengurutkan sesuai prioritas, dan kendaraan pemadam kebakaran yang sedang melaksanakan tugas berada di paling atas.

Cukup banyak kejadian yang memperlihatkan mobil ambulans dan mobil pemadam kebakaran yang tidak mendapatkan jalan karena pemobil ataupun pemotor di depannya enggan minggir sejenak.

Seperti sebuah video di jejaring Instagram yang menunjukkan mobil pemadam kebakaran yang tidak diberi jalan, yang belum lama terjadi.

Tidak hanya dengan sirene, si sopir mobil damkar ini juga terus menerus membunyikan klakson agar mobil dan motor di depannya mengalah dan memberikan jalan, karena situasi darurat.

Namun, entah disengaja atau tidak sirene dan klakson mobil pemadam kebakaran ini malah diabaikan, hingga si sopir kesal dan meneriaki pengemudi mobil yang ada di depannya.

Bukan hanya sekali, kejadian seperti ini terjadi dan membuat ramai jagat media sosial.

Tidak hanya menyulut emosi si sopir, netizen pun dibuat geregetan dengan mobil dan motor yang tidak mengindahkan bunyi sirene mobil pemadam kebakaran.

''Berarti sebenernya dia belum siap nyetir mas, bisa nyetir belum tentu siap nyetir. Karena kalo panikan bisa bahayain dia sendiri sama orang lain. Soalnya jalanan panik 1 detik aja bisa ngerubah semuanya,'' kata @adityabambangpermadi di kolom komentar.

''kurangnya edukasi, miskin ilmu,'' ketus @bimandaputra.

''Gw jadi pemadamnya gw siram, wkwkwk.'' Ujar @danielpm__.

Ingat, Sob. Mobil ambulans dan pemadam kebakaran adalah contoh mobil yang harus mendapatkan prioritas di jalan. Jadi sudah tahu dong, kalau ketemu dua kendaraan itu, apa yang harus kamu lakukan?

Berita Terkait

Berita Terkini