Mobil

Modus Pencurian Air Bag Mobil Honda Civic, Bikin Cemas

Hati-hati dengan modus pencurian baru.

Angga Roni Priambodo | Husna Rahmayunita

Kemudi mobil Honda Civic. (autoblog.com)
Kemudi mobil Honda Civic. (autoblog.com)

Mobimoto.com - Kasus pencurian mobil tidak hanya marak di dalam negeri tapi juga di dalam negeri. Bahkan, kabar terbaru menyebutkan ada modus baru berupa pencurian air bag di beberapa mobil tertentu.

Dikutip dari laman carscoops.com, hal itu terjadi di luar negeri tepatnya di Negara Amerika Serikat. Kini para penjahat di sana mengincar mobil terbaru Honda, terutama merek Honda Civic dan Honda Accord.

Menurut catatan polisi yang dikutip dari USA Today, kasus pencurian komponen kesalamatan itu kini telah menyebar ke daerah Miami, New York dan Washington DC.

Para penjahat mengincar air bag di Honda Civic dan Honda Accord. Hampir sekitar 50.000 ribu unit dicuri setiap tahunnya demi keuntungan pribadi.

Konon, para penjahat paling mengincar air bag di bagian pengemudi. Air bag baru dalam mobil pada umumnya dibanderol dengan harga 1.000 dolar atau sekitar Rp 15,1 juta.

Sedangkan untuk air bag curian di pasaran gelap dijual dengan harga 200-300 dolar atau sekitar Rp 3 - 4,5 juta. Setelah diusut, ternyata alasan pencuri memilih air bag cukup masuk akal.

Ilustrasi air bag mobil. (autoweek.com)
Ilustrasi air bag mobil. (autoweek.com)

''Semua karena masalah portabilitas, air bag atau kantong udara dengan mudah dapat dicopot-pasang oleh mereka yang pandai,'' ungkap seorang polisi dari National Insurance Crime Bureau.

Dan alasan kenapa Honda Civic dan Accord yang menjadi incaran pun kemudian diungkap oleh perusahaan. Ternyata dua mobil tersebut cukup laris di pasaran, jadi banyak pencuri yang memanfaatkan hal itu lantaran air bag mobil terlaris cukup luas pasarannya.

Berita Terkait

Berita Terkini