Selasa, 03 Agustus 2021

Di Negara Ini, Kendaraan Bermesin Diesel Dilarang!

Kendaraan ini dianggap mencemari lingkungan dengan gas buangnya.

Angga Roni Priambodo | Cesar Uji Tawakal
cloud_download Baca offline
Mobil bermesin diesel berasap tebal. (stirilocale.com)
Mobil bermesin diesel berasap tebal. (stirilocale.com)

Mobimoto.com - Isu mengenai kerusakan alam dan pemanasan global menjadi perhatian utama dari negara negara maju. Salah satu negara tersebut salah satunya adalah Jerman. Negara yang menjadi salah satu produsen mobil terbesar tersebut dikenal memiliki regulasi ketat mengenai polusi dan emisi gas buang.

Dilansir dari Euronews (12/10), pengadilan di Berlin, ibukota Jerman, memutuskan telah melarang penggunaan kendaraan diesel yang memiliki tingkat emisi yang lebih lawas dibanding Euro 5. Pelarangan ini berlaku di beberapa kota besar di Jerman, bahkan di Eropa.

Mobil bermesin diesel menyemburkan asap tebal. (eveningstandard.com)
Mobil bermesin diesel menyemburkan asap tebal. (eveningstandard.com)

Seperti beberapa kota besar lain, Berlin dinilai ketinggalan dalam peraturan mengenai emisi, karena tidak mempunyai ketentuan tertentu mengenai kadar emisi di udara yang ingin dicapai. Pejabat lokal punya waktu sampai 31 Maret tahun depan untuk merencanakan mengenai kebijakan emisi udara yang baru, sebelum diterapkannya kebijakan pelarangan mesin diesel.

Namun tidak seketat itu, kendaraan-kendaraan diesel ini tidak menjadi barang ilegal. Orang masih bisa membelinya dan mengendarainya, hanya saja kendaraan tersebut hanya memiliki akses di daerah tertentu, khususnya bagi yang belum lolos Euro 5.

Terkait

Terkini