Selasa, 03 Agustus 2021

Rem Tangan Manual Bakal Dihilangkan, Kenapa Ya?

Penggemar mobil manual, jangan kaget.

Dany Garjito | Husna Rahmayunita
cloud_download Baca offline
Rem tangan atau rem parkir manual. (web2carz.com)
Rem tangan atau rem parkir manual. (web2carz.com)

Mobimoto.com - Pengendara mobil pasti paham betul dengan adanya komponen bernama rem tangan (parking brake). Sayangnya, kabar terbaru menyebutkan jika fitur itu bakal dimusnahkan.

Tak bisa dipungkiri di zaman modern ini segala sesuatu mengalami pembaruan termasuk dengan fitur-fitur mobil. Rem tangan yang memiliki banyak fungsi pun terpaksa harus dihilangkan karena berbagai macam pertimbangan.

Sebuah riset yang diluncurkan oleh CarGurus menyebutkan jika hanya 37 persen mobil baru yang masih mengusung rem tangan. Hal ini diperkuat dengan bergesernya selera dari mobil manual ke mobil matic.

Perusahaan otomotif kenamaan seperti Audi, Jaguar, Land Rover, Porsche, Mercedes dan Lexuz bahkan secara terang-terangan telah meninggalkan rem tangan.

Mereka lebih memilih rem parkir elektronik yang tinggal tarik tombol. Fitur tersebut dianggap lebih efektif dan aman.

Rem tangan otomatis (carwow.co.uk)
Rem tangan otomatis (carwow.co.uk)

Rem parkir elektronik dioperasikan melalui saklar yang menggantikan tuas mekanik tradisional.Tombol ini mengaktifkan sepasang motor kecil yang mendukung kerja rem belakang.

Bunyi mendesing pun akan muncul sebagai tanda diaktifkannya rem parkir elektronik. Makin terbukti jika nantinya model mobil terbaru bakal canggih minta ampun.

Pembeli mobil baru pun jangan kaget dengan tidak adanya fitur rem tangan di mobil kalian.

 

Terkait

Terkini