Mobil

Ford Kembangkan Kemudi Virtual Untuk Mobil Otonom

Rasanya akan seperti bermain simulasi balapan di smartphone.

Angga Roni Priambodo | Praba Mustika

Mobil Otonom Ford. (Carscoops)
Mobil Otonom Ford. (Carscoops)

Mobimoto.com - Produsen mobil berlomba-lomba mengembangkan teknologi yang akan disematkan pada mobil otonom buatannya, pengembangan teknologi yang paling baru dilakukan oleh Ford, dengan mematenkan kemudi virtual yang rencananya dapat dioperasikan via smartphone.

Teknologi yang baru saja dipatenkan oleh Ford, tentu mengingatkan kita pada permainan simulasi balapan yang tersedia di smartphone, seperti Real Racing 3.

Dilansir dari Autoblog, teknologi ini dinamakan 'Non-Autonomous Steering Modes' dengan dua mode yang bisa dipilih oleh pengguna.

Mode pertama bernama 'First Autonomous Steering Mode' yang memungkinkan penumpang untuk menghubungkan smartphone dengan mobil, dan menggunakan sensor giroskop (gyroscope) dan akselerometer, sehingga smartphone akan berfungsi menjadi setir.

Selanjutnya dinamakan 'Second Autonomous Steering Mode' yang menampilkan kemudi virtual pada layar smartphone, lalu disinkronisasi dengan mobil. Setelah terhubung, penumpang bisa mengemudikan mobil dengan memutar kemudi virtual di layar smartphone, seperti pada permainan simulasi balap.

Mobil Otonom Ford. (Carscoops)
Mobil Otonom Ford. (Carscoops)

Ford mengatakan setiap smartphone yang memiliki sensor giroskop dan akselerometer, bisa digunakan sebagai kemudi virtual untuk mobil otonom buatan mereka.

Sistem pairing antara smartphone dengan mobil, menggunakan MAC Addresses dan nomor IMEI, juga IP statis dan alamat email.

Meskipun teknologi ini terbilang keren dan terlihat mengasyikkan, belum ada informasi lebih lanjut kapan sistem kemudi virtual ini akan diaplikasikan ke mobil otonom buatan Ford.

Berita Terkait

Berita Terkini