Mobil

Ironi Mobil Listrik, Isi Baterai tapi Dengan Genset

Padahal salah satu tujuan pengembangan mobil listrik adalah untuk menekan penggunaan bahan bakar fosil.

Angga Roni Priambodo | Praba Mustika

Ironi Mobil Listrik. (Facebook/Anthony Clauson)
Ironi Mobil Listrik. (Facebook/Anthony Clauson)

Mobimoto.com - Banyak pabrikan otomotif mulai mencanangkan kendaraan elektrik alias kendaraan listrik, baik mobil maupun sepeda motor. Kampanye yang digaunkan pun merujuk pada bahan bakar terbarukan yang rendah emisi, ramah lingkungan serta menjaga ketersediaan bahan bakar fosil. Tapi, unggahan netizen berikut ini malah membuat ironi. Memang kenapa?

Melalui jejaring sosial Facebook, netizen bernama Anthony Clauson menguggah foto mobil listrik Tesla yang sedang melakukan pengisian ulang baterai.

Bersama foto tersebut, ia juga menuliskan sebuah caption ''Mobil listrik tidak menggunakan bahan bakar fosil, mari kita berjalan sejenak.''

Ironi Mobil Listrik. (Facebook/Anthony Clauson)
Ironi Mobil Listrik. (Facebook/Anthony Clauson)

Stasiun pengisian bahan bakar listrik yang ada di foto, nampak sederhana, dan setelah kabelnya ditelusuri, ternyata kabel tersebut tersambung pada sebuah genset.

Ironi Mobil Listrik. (Facebook/Anthony Clauson)
Ironi Mobil Listrik. (Facebook/Anthony Clauson)

Seperti kita ketahui bersama, kalau genset membutuhkan bahan bakar solar agar bisa bekerja menjadi mesin pembangkit listrik. Melalui kejadian ini, secara tidak langsung menampilkan ironi mobil listrik yang berusaha menekan penggunaan bahan bakar fosil.

Dengan ditenagai genset, stasiun pengisian bahan bakar listrik ini secara tidak langsung, tetap menggunakan bahan bakar fosil, Sob.

Komentar netizen pun beragam, ada yang mengatakan kalau menyambungkan stasiun pengisian bahan bakar listrik dengan genset, hanya digunakan untuk sementara waktu saja ''Tidak semua stasiun pengisian bahan bakar listrik tersambung dengan genset, ini mungkin saja untuk sementara, tapi memang tetap lucu,'' tulis Caitlin Tourangeau.

Sedangkan netizen bernama Alex Rodenberg menganalogikannya dengan orang yang tidak mengkonsumsi daging (vegan) ''Ini seperti seorang vegan, yang mengkonsumsi daging secara sembunyi-sembunyi.''

Kejadian ini memang menjadi ironi, karena mengisi ulang baterai mobil listrik dengan perangkat yang tersambung dengan genset. Mungkin, ini memang hanya untuk sementara waktu saja, Sob, karena belum tersebarnya infrastruktur pendukung mobil listrik.

Berita Terkait

Berita Terkini