Mobil

Dibawa dengan Helikopter, Beginilah Cara Membawa Mobil Ke Papua

Tak heran, harga kebutuhan di beberapa wilayah di Papua masih sangat mahal.

Dinar Surya Oktarini | Praba Mustika

Sebuah Truk yang Diangkut Helikopter Menggunakan Sling. (Facebook/Sigit Arifianto)
Sebuah Truk yang Diangkut Helikopter Menggunakan Sling. (Facebook/Sigit Arifianto)

Mobimoto.com - Pembangunan infrastruktur yang belum merata, membuat beberapa kawasan di Indonesia sulit untuk dilalui seperti di Oksibil, Ibukota Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua. Dampaknya, untuk membawa sebuah mobil ke Oksibil membutuhkan dana sebesar Rp 500 juta, yang artinya hampir seharga mobil itu sendiri Sob.

Melalui Facebook, Sigit Arifianto menceritakan pengalamannya, saat ia masih menjadi pengajar (relawan) di SD Inpres Pepera.

''Biaya angkut bisa semahal ini karena Mobil dibawa menggunakan heli charteran. Biasanya jika ukuran lebih besar dan tidak bisa dimasukkan ke dalam badan helikopter, mobil akan diangkut menggunakan sling dan tergantung di luar seperti di foto,'' tulis Sigit Arifianto di Facebooknya.

Bisa dibayangkan Sob, bagaimana biaya yang dibutuhkan untuk mengangkut alat berat, guna membangun infrastruktur di Oksibil, bisa jadi dua kali lipat.

Ia juga mengatakan kalau untuk menuju Oksibil, hanya bisa menggunakan pesawat perintis dan helikopter.

Sigit menambahkan ''Begitu juga Alat-alat berat untuk pembangunan di Pegunungan Bintang diangkut dengan cara ini.''

Karena sulitnya akses menuju Oksibil, Ibukota Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, tak heran membuat harga kebutuhan masyarakat di sana lebih mahal ya Sob.

Berita Terkait

Berita Terkini