Mobil

3 Produsen Otomotif Jepang, Lakukan Kecurangan Uji Emisi

Ada yang sudah berlangsung sejak 2012 lho, Sob.

Agung Pratnyawan | Praba Mustika

Ilustrasi Mobil. (pexels.com/Vraj Shah)
Ilustrasi Mobil. (pexels.com/Vraj Shah)

Mobimoto.com - Tiga produsen otomotif asal Jepang; Mazda, Suzuki dan Yamaha diketahui melakukan kecurangan dalam uji emisi di Jepang dan ternyata ada yang sudah berlangsung sejak 2012 Sob.

Seperti diberitakan oleh Nikkei Asian Review, tidak hanya tiga produsen otomotif di atas saja yang melakukan kecurangan dalam uji emisi. Yang terbaru adalah Nissan dan Subaru.

Dari hasil pengecekkan oleh Kementerian Pertanahan, Infrastruktur dan Transportasi di Jepang, ditemukan bahwa cukup banyak jumlah kendaraan yang tidak mengikuti uji emisi secara baik.

Dari Suzuki yang didapati 6.401 unit dari 12.819 unit sejak 2012. Lalu Sejak 2014, Mazda melakukan kecurangan dalam uji emisi dengan 72 unit dari total 1.875. Dan Yamaha tercatat tujuh dari 335 unit tidak melakukan uji emisi secara baik, sejak 2016.

Toshihiro Suzuki, selaku CEO dari Suzuki menanggapi hal ini dengan menyampaikan permohonan maaf.

Ilustrasi Mobil dari Suzuki. (pxhere.com)
Ilustrasi Mobil dari Suzuki. (pxhere.com)

"Ini hal yang sangat penting dan melihat angka yang cukup besar dari produk kami yang tidak melewati uji emisi secara baik, kami akan menangani hal ini dengan serius. Kami gagal mengedukasi dan staf kami," Ungkap Toshihiro Suzuki seperti dilansir Nikkei Asian Review.

Sementara Managing Executive Officer Mazda, Kiyotaka Shobuda mengatakan "Perusahaan akan menangani ini dengan serius dan akan memastikan bahwa hal-hal seperti ini tidak akan terjadi lagi,"

Mazda CX-3 pada Ajang GIIAS 2018. (Instagram/@mazdaid)
Mazda CX-3 pada Ajang GIIAS 2018. (Instagram/@mazdaid)

Untuk menghadapi hal ini, Keiichi Ishii, selaku Menteri Pertanahan, Infrastruktur dan Transportasi akan mengubah regulasi soal uji emisi agar tidak ada lagi kecurangan yang terjadi di masa yang akan datang.

Sayangnya hal ini secara langsung maupun tidak langsung akan memengaruhi reputasi masyarakat tentang kualitas dari kendaraan-kendaraan Jepang. Apalagi Mazda, Suzuki dan Yamaha adalah merek yang sudah dikenal luas di seluruh dunia.

Berita Terkait

Berita Terkini