Mobil

Autozam AZ-1, Ini Baru Mobil Mini Betulan

Autozam AZ-1 adalah mobil berukuran mini, proyek gabungan Mazda dan Suzuki.

Stephanus Aranditio | Praba Mustika

MoiMobil dengan Ukuran Mini, Autozam AZ-1. (Instagram/@templeofspeed)
MoiMobil dengan Ukuran Mini, Autozam AZ-1. (Instagram/@templeofspeed)

Mobimoto.com - Mobil keluarga atau mobil berjenis MPV (Multi Purpose Vehicle) cukup diminati di Indonesia karena bisa membawa banyak orang dan barang sekaligus. Tapi apa jadinya jika Autozam AZ-1 dipasarkan di Indonesia? Mobil berukuran mini yang pernah menghebohkan industri otomotif.

Autozam AZ-1 bukanlah mobil MPV, Sob. Mobil yang merupakan merek gabungan Mazda dan Suzuki yang diluncurkan pertama kali pada pertengahan 1980.

Lihat Sob, Kecil Banget Kan Autozam AZ-1. (Instagram/@supadupa_steve)
Lihat Sob, Kecil Banget Kan Autozam AZ-1. (Instagram/@supadupa_steve)

Mobil ini punya ukuran yang sangat kecil lho Sob. Panjangnya hanya 3 meter dan lebarnya bahkan tidak sampai 1 meter.

Tapi jangan salah, walaupun mobilnya berukuran mini, mesinnya mampu menghasilkan tenaga hingga 64 daya kuda dan mampu mencapai kecepatan maksimal di 140 Kilometer per Jam.

Di Jepang sendiri, mobil ini dikenal sebagai kei-car. Kei-car diambil dari kata Kei Ijidosha yang jika diartikan secara langsung adalah mobil ringan.

Autozam AZ-1 merupakan kei-car yang saat itu diproyeksikan untuk kebutuhan sehari-hari tapi juga memungkinkan untuk kebutuhan komersial.

Menggunakan model pintu Gull Wing Doors, Autozam AZ-1 akan terlihat seperti kumbang ketika kedua pintunya terbuka.

Coba lihat Sob, bagaimana jadinya mobil ini kalau digunakan oleh orang Amerika yang postur tubuhnya tinggi dan besar? Lihat sendiri aja videonya Sob.

Kalau saja mobil ini diproduksi lagi dan dijual di Indonesia, apakah kamu akan memboyong Autozam AZ-1 untuk digunakan sehari-hari Sob?

Berita Terkait

Berita Terkini