Mobil

Untuk Pasar Indonesia, Suzuki Ingin Siapkan SUV Baru

Kiblat pengembangan SUV Suzuki dan karakteristik di Indonesia berbeda.

Agung Pratnyawan

Suzuki All New Grand Vitara
Suzuki All New Grand Vitara

Mobimoto.com - Suzuki sampai saat ini masih belum mempunyai produk di segmen SUV (Sport Utility Vehicle) di Tanah Air. Akankah Suzuki segera menghadirkan SUV baru?

Head of Brand Development and Marketing Research PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Harold Donnel mengaku Suzuki Indonesia sudah coba memberikan masukkan terhadap Suzuki Motor Corporation (SMC) dan kini tengah dipelajari.

"Kita sampaikan ke prinsipal, Indonesia ingin yang aerodinamis. Mereka masih mendengarkan, coba desain baru untuk memenuhi market di Inonesia," katanya beberpa waktu lalu.

Seperti diketahui, saat ini segmen SUV masih dihuni Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero, dan Nissan Terra yang akan hadir dalam waktu dekat.

Harold menjelaskan bahwa kiblat pengembangan SUV Suzuki dan karakteristik di Indonesia berbeda.

"Kiblatnya beda. Kiblat Suzuki dengan Grand Vitara atau Jimny kiblatnya adalah kotak-kotak, fungsionalis, rigid atau kokoh bawaanya," ujar Harold, Senin (2/7/2018).

Sementara karakteristik konsumen Indonesia, dikatakan Harold, lebih kepada SUV yang memiliki kelekukan dinamis. Bahkan, untuk Vitara Dreza yang dikembangkan di India juga masih dengan nuansa kotak khas Suzuki.

"Kalau dipaksakan masuk ke Indonesia, sama seperti menggarami air laut," tutup Harold.

Berita Terkait

Berita Terkini