Events

Peringati Sumpah Pemuda, Astra Berikan Penghargaan 11 Pemuda Tanah Air

PT Astra International memberikan dana pembinaan sebesar Rp 60 juta pada penerima apresiasi dan pembinaan kegiatan yang dapat dikolaborasikan dengan kontribusi sosial berkelanjutan milik Astra, seperti Kampung Berseri Astra dan Desa Sejahtera Astra.

Angga Roni Priambodo

PT Astra International
PT Astra International

Mobimoto.com - Memeringati Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada 28 Oktober 2020, PT Astra Internasional menginisiasi program Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards dengan menetapkan 11 'Intan Bangsa' sebagai penerima apresiasi SATU Indonesia Awards 2020.

Perusahaan yang menaungi sederet pabrikan otomotif ini memberikan dana pembinaan sebesar Rp 60 juta pada penerima apresiasi dan pembinaan kegiatan yang dapat dikolaborasikan dengan kontribusi sosial berkelanjutan milik Astra, seperti Kampung Berseri Astra dan Desa Sejahtera Astra.

"Astra berharap SATU Indonesia Awards dapat melahirkan banyak intan-intan bangsa yang dapat memancarkan cahaya positif generasi muda untuk menjadi inspirasi bagi masyarakat luas dan bergerak bersama menerangkan masa depan Indonesia," ujar Presiden Direktur Astra Djony Bunarto Tjondro dalam sambutannya saat penyerahan apresiasi 11 tahun SATU Indonesia Awards 2020 yang diadakan secara virtual,Sabtu (31/10/2020) ini.

Penerima apresiasi tersebut adalah:

  1. Mariana Yunita Hendriyani Opat “Pengedukasi Hak Kesehatan Seksual Anak” (bidang Kesehatan – Nusa Tenggara Timur).
  2. Eklin Amtor de Fertes “Pendongeng Kreatif untuk Anak Maluku” (bidang Pendidikan – Maluku).
  3. Rizki Hamdani “Penggagas Kelompok Santri Tani Milenial” (bidang Lingkungan – Jawa Timur).
  4. Elsa Maharani “Penjahit Asa Perempuan Dari Kota Padang” (bidang Kewirausahaan – Sumatra Barat).
  5. I Gede Merta Yoga Pratama “Pelacak Ikan Berbasis Navigasi” (bidang Teknologi – Bali).
  6. Muhammad Aria Yusuf “Pendamping Petani Berbasis Teknologi” (bidang Teknologi – DKI Jakarta) untuk kategori kelompok.
  7.  Arya Ananda Indrajaya Lukmana “Pendeteksi Risiko COVID-19 Lewat Aplikasi EndCorona” (Banten).
  8. Galih Suci Pratama “Perangkul Guru Majukan Kualitas Pembelajaran” (Jawa Tengah).
  9. Ika Dewi Maharani “Sang Garda Terdepan COVID-19” (Jawa Timur).
  10. Revo Suladasha “Penggandeng UMKM Kuliner Yogyakarta” (DI Yogyakarta).
  11. Zulrifan Noor “Pemberdaya UMKM Lokal Lewat Zakat” (Kalimantan Selatan).

Astra telah mengolaborasikan program Desa Wisata Tanon yang diinisiasi oleh Trisno, penerima apresiasi SATU Indonesia Awards tingkat nasional tahun 2015, dengan program Kampung Berseri Astra Tanon, Jawa Tengah.

Begitu juga dengan program dari penerima SATU Indonesia Awards tingkat nasional tahun 2017 Anjani Sekar Arum yang dikolaborasikan dengan Desa Sejahtera Astra Kota Batu, Malang.

Serta, program dari penerima SATU Indonesia Awards tingkat provinsi tahun 2017 Nur Rahmi Yanti melalui budidaya Sorghum menciptakan lapangan kerja baru yang dikolaborasikan dengan Desa Sejahtera Astra Mataram, Nusa Tenggara Barat.

Selain kesebelas penerima apresiasi SATU Indonesia Awards tingkat nasional, juga ditetapkan 81 penerima apresiasi tingkat provinsi, sehingga jumlah penerima apresiasi SATU Indonesia Awards tingkat nasional dan provinsi secara keseluruhan mencapai 70 dan 327 orang pada tahun ini.

Terpilih juga salah satu finalis favorit dari 23 finalis, yaitu I Gede Merta Yoga Pratama "Pelacak Ikan Berbasis Navigasi" (bidang Teknologi – Bali).

Pemilihan dilakukan melalui voting yang telah diadakan tanggal 5 hingga 11 Oktober 2020 melalui www.satuIndonesia.com/sia2020vote. Untuk penerima finalis favorit terpilih berhak mendapatkan dana pembinaan tambahan sebesar Rp 10 juta.

Berita Terkait

Berita Terkini