Sabtu, 06 Juni 2020

Bagai Pinang Dibelas Dua, Faktanya Helm MotoGP dan Formula 1 Berbeda!

Serupa tapi tak sama, ini perbedaan helm pembalap MotoGP dan Formula 1

Angga Roni Priambodo | Hikmawan Muhamad Firdaus
cloud_download Baca offline
Ala Koboi, Ini Desain Helm Marc Marquez Jelang MotoGP Amerika
Ala Koboi, Ini Desain Helm Marc Marquez Jelang MotoGP Amerika

Mobimoto.com - Helm merupakan peranti wajib bagi seorang pembalap, baik motor seperti MotoGP maupun pembalap mobil layaknya Formula 1.

Helm untuk pembalap MotoGP dan F1 ini juga telah disesuaikan dengan kebutuhan. Sebab, helm ini berfungsi untuk melindungi bagian vital dari pembalap ketika melesat sangat cepat.

Jika dilihat sekilas, helm MotoGP dan F1 terlihat sama. Namun, ternyata keduanya jauh berbeda. Meski sama-sama punya sertifikasi keamanan yang tinggi keduanya mempunyai desain yang berbeda.

Fitur yang sama terdapat dalam dua helm itu, misalnya adanya ventilasi udara, pelindung gores pada visor, dan anti fog pada visor.

Helm untuk balap mobil juga dirancang anti api, sehingga lebih aman jika terjadi hal yang tak diinginkan.

Ilustrasi helm pembalap Formula 1.[sportlife.news]
Ilustrasi helm pembalap Formula 1.[sportlife.news]

Selain itu, ketika terjadi benturan, helm itu juga tidak akan menimbulkan percikan api.

Pada bagian visor atau kaca pada helm Formula 1 terlihat lebih kecil atau sempit. Berbeda dengan helm MotoGP yang memiliki visor yang lebih lebar.

Bukan tanpa alasan, visor pada helm F1 itu memang sengaja ditutup. Dilansir dari laman resmi F1, penutup itu disebut Strip Zylon yang diperkenalkan sejak 2011.

Penutup selebar 50mm itu digunakan untuk menambah keamanan dari benturan. Penutup tersebut sudah didesain sehingga tidak menggangu pandangan pembalap.

Selain itu, pada helm pada F1 juga memiliki fitur HANS (Head and Neck Support) yang digunakan untuk menahan goncangan di bagian kepala.

Ilustrasi helm yang dipakai pembalap MotoGP.[gpone.com]
Ilustrasi helm yang dipakai pembalap MotoGP.[gpone.com]

Sedangkan pada helm MotoGP dirancang untuk peranti keselamatan dan menunjang aerodinamika. Oleh sebab itu di helm motor pembalap MotoGP ada spoiler.

Selain memperindah tampilan, ternyata spoiler pada helm punya peran penting sebagai pembelah angin sehingga meningkatkan aerodinamis.

Helm ini juga dibuat dengan perhitungan khusus agar saat dibawa melesat kencang tidak terasa berat. Tidak mengganggu konsentrasi pembalap karena beban yang berat.

Terkait

Terkini