Rabu, 30 September 2020

Ragam Layanan Produk Otomotif Yang Bisa Diakses Sambil Rebahan di Rumah

Mendukung banget program Work From Home, aplikasi layanan otomotif ini bisa diakses sambil rebahan.

Angga Roni Priambodo
cloud_download Baca offline
Ilustrasi Work from Home. (suara.com)
Ilustrasi Work from Home. (suara.com)

Mobimoto.com - Dalam upaya memutus rantai pandemi Coronavirus Disease atau Covid-19, pemerintah telah mensosialisasikan physical distancing dan Work From Home (WFH). Turunan serupa juga berlaku bagi para mahasiswa dan pelajar, dengan kegiatan bekerja di rumah.

Tentunya, tak semua serta merta bisa langsung nyaman dan tidak berubah saat physical distancing maupun WFH diterapkan. Contohnya, kegiatan mengambil dan mengantar dokumen, berbelanja kebutuhan dapur, bahkan sampai menjemput laundry.

Untuk itu,  para pelaku industri otomotif dan penyedia jasa transportasi Tanah Air juga menyiapkan sederet layanan sebagai pendukung kebijakan WFH.

Seperti yang dilakukan oleh operator jasa pengemudi ojek dalam jaringan atau ojek online (ojol). Para drivernya beroperasi mengantar jemput barang-barang kebutuhan keseharian dan kebutuhan perkantoran, serta pembelian makanan.

Bahkan, seperti bisa ditilik di aplikasinya, layanan antar makanan Gojek Indonesia juga menyediakan fasilitas "touchless" dengan konsumennya. Artinya, jarak physical distancing pun terpenuhi, selain mengedepankan unsur higienis.

Layanan aplikasi Gojek. [Gojek]
Layanan aplikasi Gojek. [Gojek]

Kemudian, Bluebird juga menawarkan layanan Chatting-Order-Delivery atau COD untuk mengantar jemput dokumen dan pelbagai kebutuhan sehari-hari. Nama fiturnya adalah "Bebi".

Sedangkan layanan pembiayaan mobil dan sepeda motor seperti Asuransi Astra dan Astra Credit Company, keduanya menawarkan pembayaran tanpa harus keluar dari rumah. Selain ringkas dan efisien, tentu saja mengurangi konsumen berada dalam kondisi banyak orang. Lagi-lagi, prinsip physical distancing terpenuhi.

Beberapa Agen Pemegang Merek (APM) di antaranya Yamaha Indonesia Motor Manufacturing dan Astra Daihatsu Motor juga menyiapkan fasilitas service atau layanan berkala bagi produksi mereka.

Teknisi akan datang ke rumah dan mengerjakan pemeriksaan dan penggantian komponen setara yang dilakukan di bengkel.  Konsumen juga tak perlu "bersentuhan" dengan banyak orang seperti halnya bila berkunjung ke bengkel, dan di rumah pun bisa menyaksikan proses secara "jarak jauh" atau minial 2 meter persegi.

Berikut daftarnya dan selamat WFH. Semoga sehat selalu dan jangan lupa akan physical distancing serta rutin mencuci tangan di bawah air mengalir dengan sabun, minimal 20 detik.

Catatan dari Redaksi: Jika Anda merasakan gejala batuk-batuk, demam, dan lainnya serta ingin mengetahui informasi soal Virus Corona COVID-19, silakan hubungi Hotline Kemenkes 021-5210411 atau kontak ke nomor 081212123119. Jangan lupa, terapkan imbauan tinggal di rumah, dan jaga jarak atau physical distancing dengan jarak minimal dua meter persegi.

1. Ikut Cegah Laju Pandemi Covid-19, Daihatsu Terapkan WFH Bagi Karyawan

Booth Exhibition Astra Daihatsu dalam konferensi pers Januari 2020. Sebagai ilustrasi salah satu venue di perusahaan PT Astra Daihatsu Motor [Dok PT Astra Daihatsu Motor].
Booth Exhibition Astra Daihatsu dalam konferensi pers Januari 2020. Sebagai ilustrasi salah satu venue di perusahaan PT Astra Daihatsu Motor [Dok PT Astra Daihatsu Motor].

Work From Home (WFH), dan physical distancing atau jaga jarak adalah beberapa kebijakan pemerintah yang dikeluarkan sehubungan perkembangan dan meluasnya pandemi Virus Corona atau Covid-19.

Selaras imbauan pemerintah ini, PT Daihatsu Astra Motor (ADM) turut menerapkan WFH mulai awal pekan lalu (23/3/2020) untuk para karyawan di beberapa bagian. Caranya dengan menerapkan split team dan koordinasi menggunakan digital meeting, sehingga operasional tetap bisa berjalan.

Baca selengkapnya

2. Selaras Anjuran Working From Home, Asuransi Astra Ubah Jadwal Layanan

Towing mobil dari Garda Siaga. Sebagai ilustrasi layanan Garda Autocare 24 Jam [Dok Asuransi Astra].
Towing mobil dari Garda Siaga. Sebagai ilustrasi layanan Garda Autocare 24 Jam [Dok Asuransi Astra].

Dalam upaya menghentikan laju penyebaran Coronavirus Disease atau COVID-19, pemerintah Indonesia telah melakukan serangkaian imbauan. Yaitu diberlakukannya upaya jaga jarak atau dikenal sebagi physical distancing, serta Working From Home (WFH), belajar di rumah, sampai beribadah di kediaman masing-masing.

Asuransi Astra mendukung anjuran pemerintah terkait berkegiatan di rumah ini, dan menyampaikan informasi adanya perubahan sementara waktu untuk layanan Asuransi Astra. Berlaku sejak Selasa (24/3/2020), dan efektif diterapkan bagi layanan di seluruh kantor cabang dan Garda Center. Lamanya hingga waktu yang akan diinformasikan selanjutnya.

Baca selengkapnya

3. Bluebird Kenalkan Bebi untuk Jemput Paket dan Dokumen saat WFH

Armada taksi Bluebird [Dok Bluebird].
Armada taksi Bluebird [Dok Bluebird].

Bluebird dengan tagline #TetapTerjaga memberikan layanan bagi para pegawai atau karyawan yang menerapkan Working From Home atau WFH terkait upaya menahan laju pandemi Coronavirus Disease atau Covid-19. Layanan ini disebut sebagai "Bebi" serta bisa digunakan mulai pekan lalu.

Lewat layanan Bebi, Bluebird menyediakan kebutuhan pelanggan secara COD atau Chat-Order-Delivery. Adapun pilihannya beragam. Mulai menjemput barang belanjaan, laundry, hingga paket serta dokumen penting.

Baca selengkapnya

4. Service Motor Berkala Sekarang Bisa di Rumah Saja

Ilustrasi pengerjaan sepeda motor di rumah dengan fasilitas kelas bengkel [Shutterstock].
Ilustrasi pengerjaan sepeda motor di rumah dengan fasilitas kelas bengkel [Shutterstock].

Pandemi global Coronavirus atau COVID-19 yang melanda pelbagai belahan dunia termasuk Indonesia membuat banyak aktivitas terpaksa ditunda. Di antaranya untuk sektor otomotif adalah urusan melakukan service berkala.

Kini, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) memberikan kemudahan bagi para pelanggan di tengah situasi yang belum kembali normal. Salah satunya dengan menghadirkan layanan Service Kunjung Yamaha (SKY) untuk konsumen.

Baca selengkapnya

5. Turut Perangi Corona, ACC Salurkan Alat Bantu Kesehatan

e-contract, sistem baru pembiayaan leasing dari ACC. Sebagai ilustrasi produk ACC [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].
e-contract, sistem baru pembiayaan leasing dari ACC. Sebagai ilustrasi produk ACC [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].

Astra Credit Companies (ACC), perusahaan pembiayaan Astra turut ambil bagian dalam memerangi wabah Virus Corona atau COVID-19. Caranya dengan menyalurkan masker, hand sanitizer, disinfektan dan thermal gun ke sembilan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Kepala Cabang C2C, Lisvianto Joeswono mengatakan bahwa ACC menyalurkan bantuan sebanyak 2.000 masker, 30 liter hand sanitizer, 125 liter disinfektan dan empat unit thermal gun. Alat-alat ini sangat dibutuhkan oleh petugas kesehatan di Puskesmas seiring mewabahnya Virus Corona atau COVID-19.

Baca selengkapnya

Suara.com/RR Ukirsari Manggalani.

Terkait

Terkini