Rabu, 08 Juli 2020

IIMS 2020 Juga Ditunda Gara-gara Virus Korona

Penundaan ini dinilai sebagai langkah terbaik sekaligus terberat.

Angga Roni Priambodo
cloud_download Baca offline
Pengunjung melihat motor BMW G 310 GS saat pemeran IIMS Motobike Expo 2019 di Istora Senayan, Jakarta, Jumat (29/11). [ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A]
Pengunjung melihat motor BMW G 310 GS saat pemeran IIMS Motobike Expo 2019 di Istora Senayan, Jakarta, Jumat (29/11). [ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A]

Mobimoto.com - Bagi para pencinta otomotif Tanah Air, paling tidak ada dua jadwal dalam kalender pameran yang saat ini mesti dicoret sementara. Salah satunya adalah Indonesia International Motor Show atau IIMS 2020.

"Semula kami optimis bahwa dampak pandemik COVID-19 akan berlahan-lahan menyurut. Bangsa kita perlu aktivitas bisnis, produk otomotif butuh berjualan, artisan dan komunitas otomotif perlu wadah berkumpul dan unjuk talenta. Namun perkembangan hari demi hari justru ke arah sebaliknya. Pasien terjangkit pandemik semakin bertambah, sekolah kini diliburkan, sejumlah tempat umum dan hiburan ditutup sementara, karyawan juga sudah banyak yang bekerja secara remote. Sehingga, bersama dengan pemerintah dan stakeholders lainnya, kami yakin penundaan adalah langkah terbaik dan bijak di saat sulit ini," demikian papar Hendra Noor Saleh, Presiden Direktur PT Dyandra Promosindo, sebagaimana yang diterima Suara.com - jaringan Mobimoto.com.

"Penundaan ini menjadi langkah terbaik sekaligus terberat yang harus kami lakukan untuk IIMS di Jakarta maupun Makassar. Atas nama PT Dyandra Promosindo, saya menyampaikan permohonan maaf dan apresiasi tinggi kepada Agen Pemegang Merek (APM) roda dua dan roda empat, exhibitors, pihak sponsor, partner, teman-teman media dan stakeholders lainnya yang selalu mendukung penyelenggaraan IIMS," imbuh Hendra Noor Saleh.

Sedianya, pelaksanaan IIMS 2020 di Jakarta akan dipentaskan pada 9-19 April 2020 di JIExpo Kemayoran, sedangkan rangkaian IIMS regional di kota Makassar dijadwalkan 15 – 19 April 2020 di Celebes Convention Center (CCC). Namun keduanya akan ditunda penyelenggaraannya hingga situasi dianggap kondusif.

Semua pihak, termasuk Dyandra Promosindo berharap agar situasi pandemik COVID-19 ini berangsur pulih, sehingga segala kegiatan yang melibatkan masyarakat, termasuk kegiatan bisnis dan pameran bisa segera normal kembali.

"Mari kita terus berusaha menyebarkan optimisme dan terus berdoa agar dampak pandemik COVID-19 terhadap industri otomotif tidak semakin buruk. Jutaan orang bergantung nasibnya dari industri otomotif, dan segala industri dan bisnis turunannya. Kita harus bangkit," tandas Hendra Noor Saleh yang berlatar belakang jurnalis sport otomotif.

Sepanjang sejarahnya, IIMS yang digarap Dyandra Promosindo pertama kali menjadi bagian dari pameran otomotif di Indonesia pada 2000, dengan label Gaikindo Auto Expo. Lantas nama pameran berganti menjadi "Indonesia International Motor Show atau IIMS" pada 2006. Gelaran pun digelar rutin setiap tahun, hingga mesti ditunda saat ini berkait Novel Coronavirus atau COVID-19.

Bagaimanapun, self distancing adalah wacana penting untuk mencegah cepatnya laju Novel Coronavirus. Dengan menerapkan Working From Home (WFH) serta membatasi pergerakan sosial termasuk bertemu dengan banyak orang, semoga kondisi masyarakat Indonesia termasuk aspek kesehatan terus menunjukkan grafik positif.

Catatan dari Redaksi: Jika Anda merasakan gejala batuk-batuk, demam, dan lainnya serta ingin mengetahui informasi yang benar soal Virus Corona COVID-19, silakan hubungi Hotline Kemenkes 021-5210411 atau kontak ke nomor 081212123119

Terkait

Terkini