Minggu, 20 September 2020

Susul Thailand, MotoGP Amerika Terancam Diundur Karena Corona?

MotoGP Amerika ikut-ikutan untuk tidak bisa menyelenggarakan balap karena Corona

Angga Roni Priambodo | Gagah Radhitya Widiaseno
cloud_download Baca offline
Alex Rins di Circuit of The Americas (COTA). (Instagram/alexrins)
Alex Rins di Circuit of The Americas (COTA). (Instagram/alexrins)

Mobimoto.com - Sebelumnya Dorna Sports resmi merilis kalender baru untuk MotoGP 2020 menyusul merebaknya wabah virus Corona. Tiga seri yang harus dikorbankan yakni seri Qatar, Thailand dan Aragon.

Dua seri terakhir, Thailand dan Aragon tetap diselenggarakan, hanya diganti jadwalnya. Sedangkan seri Qatar ditiadakan untuk kelas premier.

Kali ini, kabar buruk datang dari Amerika. MotoGP Amerika yang diselenggarakan 5 April 2020 terancam diundur.

Seperti dilansir dari crash.net, pemerintah setempat semakin memperketat masuknya warga negara asing masuk karena virus Corona. Bahkan sudah banyak orang penting yang meragukan digelarnya balapan.

"Semua mungkin. Yang terpenting bagi kami adalah tetap punya solusi. Kami selalu bilang Dorna, dengan kesepakatan dari IRTA, FIM, tugas kami menggelar balapan dan menyiapkan semuanya," tegas Ezpelarta.

Maverick Vinales di MotoGP Amerika. (Instagram/maverick12official)
Maverick Vinales di MotoGP Amerika. (Instagram/maverick12official)

Meski optimis untuk bisa menggelar balapan tersisa, Ezpelata tak bisa menyembunyikan kepusingannya. Perubahan jadwal tidak bisa dibikin begitu saja, banyak pertimbangannya.

Misalnya dari segi ekonomi karena melibatkan banyak pihak yang tentu sudah mengeluarkan uang banyak sesuai jadwal awal, juga termasuk musim dan cuaca masing-masing negara, juga alur perpindahan logistik tim dan semuanya, dan banyak hal lainnya.

Kabarnya, Dorna Sports siap memajukan salah 1 balapan di wilayah Spanyol untuk menjadi seri pertama jika Amerika harus dijadwalkan ulang.

Seperti dilansir dari Speedweek.com, dengan berbagai pertimbangan, sirkuit Jerez yang sementara digelar 3 Mei atau Motorland Aragon yang digelar pada 27 September jadi solusi.

Namun, Michelin dan Dunlop selaku pemasok ban langsung merespon, Aragon tidak siap jika dimajukan menjadi seri pertama karena masalah cuaca dimana suhunya sangat dingin dan altitude yang tidak memungkinkan.

Untuk Jerez, sudah ada balapan World Superbike pada 29 Maret, dan tidak memungkinkan jika balapan MotoGP digelar sepekan setelahnya. Dorna Sports sendiri siap memperpanjang musim kompetisi sampai akhir Desember jika memang diperlukan.

Terkait

Terkini