Selasa, 29 September 2020

Tak Hanya MotoGP, 7 Event Balapan ini Batal Karena Ancaman Virus Corona

Serangan virus corona juga mengancam ajang balap selain MotoGP, ini dia daftarnya

Angga Roni Priambodo | Hikmawan Muhamad Firdaus
cloud_download Baca offline
Ilustrasi balap Formula 1 China.[chinadailyhk.com]
Ilustrasi balap Formula 1 China.[chinadailyhk.com]

Mobimoto.com - Imbas dari penyebaran virus corona juga berdampak pada event-event balap di dunia. Yang terbaru adalah pembatalan kelas MotoGP untuk seri perdana di Qatar 2020.

Namun bukan hanya kelas MotoGP Qatar yang dibatalkan, virus corona juga berdampak pada event balap lain. Berikut ini beberapa balapan yang 'terancam' virus Corona:

1. MotoGP Thailand Ditunda

Beberapa saat setelah pengumuman kelas MotoGP Qatar dibatalkan, kemudian menyusul untuk seti Thailand yang juga akan ditunda. Hal tersebut tak lepas dari efek COVID-19 yang ada di negara tersebut.

Menteri kesehatan yang juga sekaligus wakil perdana menteri Thailand, Anutin Charnvirakul, secara resmi mengumumkan seri MotoGP Thailand akan diundur. Untuk waktu pengganti juga masih belum ditentukan, mengingat perkembangan dari virus corona tersebut.

Ilustrasi Chang International Circuit sebagai tempat penyelenggaraan MotoGP Thailand.[7upsports.com]
Ilustrasi Chang International Circuit sebagai tempat penyelenggaraan MotoGP Thailand.[7upsports.com]

2. Suzuka Super Formula Diundur

Gelaran pembuka Super Formula musim 2020 juga ikut kena imbas dari virus corona. Akibatnya, balapan pembuka yang rencananya akan digelar di Sirkuit Suzuka, Jepang juga diundur.

Keputusan tersebut diambil setelah tes pramusim di GP Jepang pada 9-10 Maret juga resmi dibatalkan. Super Formula Suzuka ini awalnya akan digelar pada 5 April mendatang.

3. Tes Deutsche Tourenwagen Masters (DTM) Dipindah

Virus corona juga berimbas pada event tes pra musim Deutsche Tourenwagen Masters (DTM) yang semula akan diadakan di Monza, Italia pada 16-18 Maret 2020.

Event balap mobil turing Jeman tersebut memindahkan venue ke Hockenheimring, Jerman.

Seperti yang diketahui, Italia saat ini menjadi sorotan dunia karena kasus corona virus yang berkembang sangat pesat. Hingga beberapa negara sudah melarang penerbangan dari Italia untuk masuk ke negaranya.

4. F1 China Batal

Event balap akbar yang ikut batal akibat virus corona ini adalah F1 China. Tak khayal karena memang negara tersebut menjadi asal dari virus ini.

Balap F1 China sendiri sesuai jadwal akan berlangsung pada 17-19 April mendatang. Namun, penyelenggara F1 China tetap berharap bisa mengadakan meski belum dapat menentukan waktu yang tepat.

Duo pembalap tim Ferrari. (Twitter/@F1)
Duo pembalap tim Ferrari. (Twitter/@F1)

5. Formula E China, Batal

Bukan hanya Formula 1, balap mobil Formula listrik atau Formula E juga ikut batal. Bahkan pembatalan ini lebih dulu dari F1.

Keputusan batalnya Formula E inilah yang mempengaruhi batalnya seri F1 China. Dan masih diusahakan untuk diundur di tahun 2020.

6. Usulan F1 Vietnam Dibatalkan

F1 Vietnam juga ikut kena imbas karena wilayah negaranya yang berbatasan dengan China. Melihat hal tersebut Formula Renault Asiacup mendukung jika F1 Vietnam dibatalkan.

Hal tersebut melihat ke semua event balap Formula yang ada China sementara ini batal digelar sesuai jadwal. Keputusan tersebut untuk mencegah adanya penyebaran virus corona.

Melihat banyaknya event balap yang ditunda dan dibatalkan, semoga virus corona cepat teratasi dan tidak semakin meluas.

Terkait

Terkini