Minggu, 20 September 2020

Marc Marquez Ungkap Kelemahan Motor Honda Usai Tes MotoGP Qatar

Akhirnya terbongkar juga kelemahan motor Honda usai jalani tes Pramusim di MotoGP Qatar

Angga Roni Priambodo | Gagah Radhitya Widiaseno
cloud_download Baca offline
Marc Marquez saat jalani tes pramusim di Qatar (Twitter/marcmarquez93)
Marc Marquez saat jalani tes pramusim di Qatar (Twitter/marcmarquez93)

Mobimoto.com - Tes pramusim MotoGP Qatar telah usai. Sejumlah pabrikan akhirnya sudah mendapatkan data-data dari motor yang akan digunakan untuk musim 2020 ini.

Selesainya tes pramusim ini menimbulkan banyak PR untuk Honda karena dalam tes ini hasilnya kurang maksimal. Honda sadar telah melakukan kesalahan dalam pengembangan motor RC213V untuk MotoGP 2020.

Sebelumnya, Honda terlihat kebingungan ketika menjalani tes di Sepang dan tes di Qatar. Bahkan Honda sempat meminjam motor milik Takaaki Nakagami untuk dites dan digunakan duo Marquez.

Namun ternyata hasilnya pun sungguh mengecewakan. Marc Marquez akhirnya buka suara mengenai masalah ini.

Honda perpanjang kontrak Marc Marquez. (Instagram)
Honda perpanjang kontrak Marc Marquez. (Instagram)

"Pada hari Minggu kami benar-benar tersesat, tapi pada hari Senin (hari ke-3) kami menemukan jalannya. Bukan hanya mencoba motor Takaaki Nakagami RC213V 2019 lagi, tapi juga sasis baru pada akhir sesi" kata Marc Marquez dilansir dari Corsedimoto.com.

"Masalahnya adalah semua yang kami lakukan selama pramusim ini tidak berhasil. Kami selalu kembali ke poin masalah yang sama," sambungnya.

Masalah terbesar Honda adalah saat melibas tikungan. Ban baru MotoGP, Michelin menjadi sorotan Marc Marquez.

Dengan ban tersebut, motor baru Honda kekurangan grip di bagian belakang, termasuk juga part aerodinamikanya. Hal itu membuat pembalap mudah kehilangan handling saat menikung.

Jadi pembalap tidak cepat dalam menikung, kalau dipaksakan akan mudah untuk terjatuh. Mekanik HRC punya tugas besar yang harus diselesaikan sebelum balapan dimulai awal Maret mendatang.

"Kami memulai entah dari mana, mencoba banyak hal dan selalu kembali ke titik awal. Tapi kami sekarang tahu masalahnya," ungkap juara dunia motoGP 2019 ini.

"Sasis adalah satu hal yang kami sudah tes dan kami terus mencobanya lagi, ternyata tidak ada yang salah dari sasisnya," jelasnya.

Pada tes kemarin, Marc Marquez mengaku kehilangan banyak waktu karena masalah motor yang sangat lama untuk ditemukan ini.

"Kami juga tidak bisa melakukan simulasi balap, padahal sudah kami jadwalkan. Tapi untungnya kami sudah bisa mengetes semua ini," sambungnya.

"Kami akan lihat, kuharap dalam dua pekan kondisiku juga lebih baik. Aku akan rehab dan mencoba siap untuk balapan pertama," tegasnya.

Terkait

Terkini