Selasa, 29 September 2020

Dominan Selama Sesi Tes, Akankah Yamaha Bicara Banyak di MotoGP 2020?

Dalam tiga sesi tes terakhir mereka selalu menjadi pembalap tercepat, pertanda bakal mendominasi MotoGP?

Angga Roni Priambodo | Cesar Uji Tawakal
cloud_download Baca offline
Fabio Quartararo. (Instagram)
Fabio Quartararo. (Instagram)

Mobimoto.com - Sesi tes pramusim jelang MotoGP 2020 telah usai. Terakhir, pembalap tim pabrikan Yamaha, Maverick Vinales berhasil menjadi yang tercepat, disusul oleh para pembalap tim satelit Yamaha Fabio Quartararo dan juga Franco Morbidelli.

Tes tersebut seolah-olah menjadi bukti bahwa Yamaha tak main-main musim ini. Namun benarkah demikian? Jika dilihat dari musim lalu, maka Maverick Vinales berhasil menjadi pembalap tercepat dalam tes pramusim di Qatar selama dua musim beruntun.

Bedanya terletak di sirkuit lain yang menjadi gelaran tes pramusim. Pada Sirkuit Sepang, yang berhasil menjadi pembalap tercepat ialah Fabio Quartararo, lalu pada tahun 2019 lalu hal tersebut dilakukan oleh Danilo Petrucci.

Beralih ke Sirkuit Jerez, pada tahun ini Maverick Vinales berhasil menjadi yang tercepat, sementara itu, tahun lalu hal tersebut dilakukan oleh Takaaki Nakagami.

Hal tersebut membuktikan bahwa pada tahun ini, Yamaha berhasil menjadi yang tercepat dalam tiga tes pramusim, hal yang tak bisa mereka lakukan tahun lalu.

Maverick Vinales Saat Lakoni Free Practice 1 di Sirkuit Jerez, MotoGP Spanyol. (Instagram/yamahamotogp)
Maverick Vinales Saat Lakoni Free Practice 1 di Sirkuit Jerez, MotoGP Spanyol. (Instagram/yamahamotogp)

Selain itu, baik tim pabrikan maupun tim satelit Yamaha selalu berhasil menempatkan setidaknya dua pembalap di urutan lima besar pada tiga tes pramusim terakhir.

Dengan catatan demikian, praktis Yamaha disinyalir kini bisa menjadi ancaman nyata pada dominasi Marc Marquez.

Selanjutnya, MotoGP Qatar bakal dimulai pada 8 Maret nanti. Sirkuit tersebut bakal menjadi ajang pembuktian, akankah Yamaha bisa berbuat banyak di MotoGP 2020?

Terkait

Terkini