Sabtu, 11 April 2020

Begini Jadinya jika Kawasaki Nekat Jadi Wildcard MotoGP, Selisihnya Jauh

Adu torehan waktu tim WSBK Kawasaki jika mereka nekat ikut MotoGP, berapa gap waktunya?

Angga Roni Priambodo | Cesar Uji Tawakal
cloud_download Baca offline
Jonathan Rea/alpinestars
Jonathan Rea/alpinestars

Mobimoto.com - Pekan ini, dunia balap MotoGP dihebohkan dengan ucapan bos Dorna, Carmelo Ezpeleta yang membeberkan bahwa Kawasaki sempat mengajukan permintaan untuk bergabung di MotoGP dengan menyandang status wild card.

Permintaan tersebut kontan ditolak mentah-mentah oleh Ezpeleta, lantaran slot wild card di MotoGP dikhususkan untuk tim-tim peserta MotoGP.

Namun hal tersebut tentu saja membuat penasaran. Andai saja Kawasaki nekat turun di MotoGP dengan motor balap mereka di WSBK, seberapa kompetitif mereka?

Terkait hal tersebut, sebagai sampel, Mobimoto.com merangkum data dari situs resmi WSBK dan juga MotoGP.

Data tersebut merupakan hasil balapan di Sirkuit Qatar, di mana sirkuit tersebut merupakans salah satu dari beberapa sirkuit yang digunakan oleh kedua ajang tersebut.

Jonathan Rea. (gpone.com)
Jonathan Rea. (gpone.com)

 

Dimulai dari WSBK, kami berfokus pada catatan Jonathan Rea sebagai pembalap terbaik Kawasaki dan juga juara dunia beruntun di ajang tersebut.

Pada ajang balapan diSirkuit Qatar, catatan terbaik yang ditorehkan Rea terjadi pada Race 1, di mana pembalap asal Inggris tersebut mencetak waktu tercepat 1 menit 57.307 detik dengan kecepatan terbaik  310,3 km/jam.

Di tabel kecepatan tertinggi Race 1, kecepatan tersebut berada di urutan 10, kalah jauh dari Alvaro Bautista, pembalap Ducati yang menorehkan kecepatan 325,3 km/jam.

Bagaimana jika dibandingkan dengan MotoGP? Sebagai sampel, mari berfokus pada catatan Andrea Dovizioso sebagai juara seri tersebut di tahun 2019.

Andrea Dovizioso dan Marc Marquez di MotoGP Austria. (Instagram/marcmarquez93)
Andrea Dovizioso dan Marc Marquez di MotoGP Austria. (Instagram/marcmarquez93)

 

Pada balapan tersebut, catatan waktu terbaik Dovi 1 menit 56.853 detik. Sementara, untuk kecepatan maksimal, Dovi mampu melesat 346.3 km/jam.  Walaupun kecepatan tersebut unggul jauh dari Jonathan Rea, namun Dovi cuma nangkring di urutan 11 kecepatan tertinggi, kalah jauh dari pembalap terkencang, Marc Marquez 352.0 km/jam.

Melihat selisih kecepatan yang cukup jauh. Ditambah selisih waktu sekitar setengah detik, membuat posisi Jonatan Rea sebagai pembalap andalan Kawasaki tentu bakal kewalahan jika ia turun ke MotoGP dengan motor yang sama dengan motornya di WSBK.

Belum lagi untuk urusan balapan, catatan waktu setengah detik itu cukup berpengaruh signifikan di MotoGP.

Terkait

Terkini