Sabtu, 04 April 2020

Kawasaki Dilarang Tampil di MotoGP, Begini Penjelasan Bos Dorna

Bos Dorna punya alasan sendiri kenapa Kawasaki belum diperbolehkan untuk kembali ke MotoGP

Irwan Febri Rialdi | Gagah Radhitya Widiaseno
cloud_download Baca offline
Jonathan Rea/alpinestars
Jonathan Rea/alpinestars

Mobimoto.com - Sudah cukup lama Kawasaki tidak ikut meramaikan ajang MotoGP. Terakhir Kawasaki tampil di MotoGP pada 2008 silam.

Tiga pembalap diturunkan Kawasaki pada musim 2008 silam, yakni Anthony West, John Hopkins, dan Jamie Hacking. Setelah tidak tampil di MotoGP, justru Kawasaki tampil di WSBK (World Superbike).

Di sana Kawasaki mampu meraih sukses dengan berkali-kali mengunci juara. Lantas, kenapa Kawasaki tidak kembali lagi ke MotoGP?

Sebenarnya Kawasaki sudah ada niatan untuk kembali ke MotoGP, bahkan secara serius.

Mereka pun siap terjun ke MotoGP dengan mengandalkan mesin Kawasaki Ninja ZX-10RR yang dimodifikasi agar sesuai dengan homologasi MotoGP. Tak cuma itu, mereka juga mengandalkan Jonathan Rea yang punya level setara dengan pembalap MotoGP.

Jonathan Rea. (gpone.com)
Jonathan Rea. (gpone.com)

Namun, niatan kembalinya Kawasaki ke MotoGP langsung dilarang oleh CEO Dorna Sport, Carmelo Ezpeleta.

"Wildcard itu hanya untuk tim dan pabrikan yang ikut di MotoGP, sehingga kami tidak akan memberikan wildcard bagi mereka (Kawasaki) yang tidak ikut serta saat ini," ujar Carmelo Ezpeleta dikutip dari GP One.

Ezpeleta pun meminta Kawasaki untuk melakukan riset yang lebih mendalam sepanjang 2020. Setelah matang, maka awal 2021 mereka akan melakukan pembicaraan mengenai MotoGP dan bisa mulai start di 2022.

Saat ini, baik itu MotoGP dan WSBK (World Superbike) dipegang oleh Dorna Sport selaku promotor dan pemegang lisensi.

Terkait

Terkini