Kamis, 01 Oktober 2020

Empat Faktor Kunci yang Bakal Bikin MotoGP 2020 Patut Dinanti, Tak Sabar?

Empat faktor ini bakal menjadi bumbu utama gelaran MotoGP 2020.

Angga Roni Priambodo | Cesar Uji Tawakal
cloud_download Baca offline
Andrea Dovizioso Terjatuh di MotoGP Inggris. (Instagram/yukialenta)
Andrea Dovizioso Terjatuh di MotoGP Inggris. (Instagram/yukialenta)

Mobimoto.com - Memasuki bulan Februari, para pencinta MotoGP bakal disuguhi dengan beberapa sesi tes pramusim yang bisa menjadi tolok ukur seberapa kompetitif para pembalap nanti.

Setelah itu, barulah kompetisi dimulai pada Maret 2020, membuat banyak fans balap tak sabar menyaksikan aksi jagoan masing-masing.

Namun ada juga yang merasa bahwa MotoGP tahun 2020 bakal mudah diprediksi karena adanya dominasi Marc Marquez. Benarkah?

Belum tentu, inilah empat faktor yang bakal membuat MotoGP 2020 tak sekadar menjadi serah-terima trofi podium rutin dari Marc Marquez.

1. Gebrakan Yamaha

Maverick Vinales Saat Lakoni Free Practice 1 di Sirkuit Jerez, MotoGP Spanyol. (Instagram/yamahamotogp)
Maverick Vinales Saat Lakoni Free Practice 1 di Sirkuit Jerez, MotoGP Spanyol. (Instagram/yamahamotogp)

Di awal musim, Yamaha menyajikan banyak gebrakan yang membuat publik heboh. Mulai dari adanya beberapa perangkat misterius, termasuk holeshot device, serta perpanjangan kontrak Maverick Vinales.

Tak cuma itu, Yamaha juga diduga tengah menyembunyikan kartu andalan mereka jelang MotoGP 2020, membuat sepak terjang mereka begitu dinanti, khususnya oleh para haters Marc Marquez.

2. Fabio Quartararo dapat motor pabrikan

Fabio Quartararo saat GP Spanyol. (motogp.com)
Fabio Quartararo saat GP Spanyol. (motogp.com)

Kompetitif di musim perdana kelas primer MotoGP, Fabio Quartararo langsung menyedot banyak perhatian pencinta balap.

Ia pun mendapat jatah motor dengan spesifikasi ala pabrikan di timnya saat ini, Petronas Yamaha. Dengan langkah demikian, berarti Yamaha akan turun dengan 4 motor pabrikan, membuat mereka siap mengobrak-abrik barisan depan MotoGP.

Belum lagi, posisi Quartararo yang sudah dijamin bakal promosi ke tim pabrikan Monster Yamaha membuat kiprahnya musim ini bakal menarik untuk disimak. Pantaskah pembalap asal Perancis ini mewarisi tahta dari The Doctor Valentino Rossi?

3. Kiprah tim underdog

KTM dan Aprilia naik podium. (Instagram)
KTM dan Aprilia naik podium. (Instagram)

Di kelas MotoGP, terdapat dua tim pabrikan yang masih mendapat jatah konsesi, yakni Aprilia dan KTM. Keduanya pun melakukan perombakan besar-besaran, di mana Aprilia mulai menggunakan mesin baru para motor mereka, sementara KTM mulai berfokus pada sasis di generasi motor terbaru.

Efeknya pun bikin penasaran, akankah dua tim ini mulai merangsek ke posisi 10 besar?

4. Perebutan kursi tim pabrikan Ducati

Danilo Petrucci dan Andrea Dovizioso. (Instagram/@petrux9)
Danilo Petrucci dan Andrea Dovizioso. (Instagram/@petrux9)

Kursi tim pabrikan Ducati kian memanas jelang MotoGP 2021 di mana pada tahun tersebut banyak pembalap yang habis kontrak.

Ducati pun masih wait and see, apakah mereka akan mendatangkan pembalap baru, atau mempromosikan dua kuda hitam mereka, Jack Miller serta Johann Zarco, atau justru mempertahankan duet Danilo Petrucci serta Andrea Dovizioso.

Praktis musim ini bakal menjadi pembuktian bagi para pembalap-pembalap di atas. Bisa apa mereka nanti?

Terkait

Terkini