Jum'at, 27 November 2020

Kaleidoskop 2019: 4 Kejadian Viral Otomotif yang Bikin Geger.

Apa saja empat kejadian viral di dunia otomotif yang sempat geger di tahun 2019.

Angga Roni Priambodo
cloud_download Baca offline
Pemotor memarahi sopir bus Trans Jakarta. (Instagram)
Pemotor memarahi sopir bus Trans Jakarta. (Instagram)

Mobimoto.com - Kejadian viral dalam dunia otomotif Indonesia banyak terjadi sepanjang 2019. Di sini dipaparkan empat (4) kejadian paling seru, yang bisa dijadikan wacana atau bahan renungan menjelang akhir tahun. Bila bernilai positif, patut dijadikan teladan. Sementara contoh yang buruk, mari segera 'dibuang' jauh-jauh.

Berikut adalah empat kejadian viral tahun ini:

Dimulai dari adanya tindakan nekat segerombolan oknum pengguna sepeda motor yang menyuruh sebuah bus Transjakarta untuk mundur dari jalurnya sendiri. Kok bisa?

Rupanya para pemotor tadi tengah melaju di sebuah ruas jalan raya di bilangan Jakarta Pusat yang tengah menggelar razia Polisi. Takut diperiksa dokumen kelengkapan berkendara, mereka memilih putar balik alias melawan arus dan masuk jalur busway.

Di saat bersamaan, sebuah bus Transjakarta yang tengah beroperasi mesti terhambat lajunya karena cegatan para oknum pemotor itu. Mereka menyuruh bus mundur, agar bisa melanjutkan perjalanan. Kerennya, bus bergeming saja, alias diam di tempat.

Kejadian kedua, adalah aksi menggelikan dari seorang pengguna sepeda motor yang menendang habis-habisan tunggangannya, akibat tidak terima perlakuan Polisi saat berlangsung razia Polisi di kawasan Serpong, Tangerang Selatan.

Mengapa ulahnya melakukan "unboxing" motor bisa disebut menggelikan? Pasalnya, untuk bisa melaju di jalan raya, si pembawa kendaraan tentunya harus memiliki dokumen kelengkapan perjalanan. Yaitu Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Bila tidak ada, tentu saja dilarang melanjutkan kegiatan bermotor.

Kedua, sepeda motor yang ditendangnya habis ternyata bukan milik sendiri, melainkan kekasihnya! Saat dijemput petugas Kepolisian di tempatnya bermukim, pelaku pengrusakan motor ini menangis. Padahal saat menendang habis motor yang bukan miliknya, ia terlihat begitu garang.

Berita viral ketiga adalah paduan kesalahan "sempurna". Yaitu bermotor menggunakan lampu strobo di bagian buritan, serta merokok. Disebut terakhir ini sangatlah berbahaya, karena sudah banyak kejadian bara api yang terpercik dari si pengguna mengenai orang lain. Bahkan mengenai bagian mata serta bagian tubuh lainnya.

Sejatinya, larangan berkendara sembari merokok sudah disahkan dalam bentuk Peraturan Menteri Perhubungan No 12 tahun 2019 tentang Perlindungan Keselamatan Pengguna Sepeda Motor, di mana pengendara dilarang merokok selama berkendara. Aturan ini juga bisa ditemui dalam UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Uniknya, masih saja ada pengendara yang belum paham atau setidaknya memperlihatkan reaksi tidak tahu. Seperti terjadi di Yogyakarta, seorang pengendara merokok sembari menggeber motor. Saat diperingatkan oleh sesama pengguna jalan raya yang terpercik bara apinya, ia malahan lebih galak dan menantang ditunjukkan undang-undang yang  memuat aturan itu.

Dan terakhir, adalah kejadian viral yang selaras dengan momen menjelang Hari Raya Natal 2019. Yaitu kejadian seorang perempuan beragama Katolik memesan sejumlah hidangan via layanan ojek online alias ojol. Saat hidangan diantar, ia menyatakan bahwa pesanan itu kini menjadi milik si pengantar. Atau diberikan secara cuma-cuma oleh pemesan.

Viralnya kebaikan berbagi rezeki ini sampai menimbulkan challenge bagi pengguna layanan ojol untuk memesan hidangan bagi si pengantar pesanan.

Berikut adalah tautan pelengkap dari artikel-artikel ini. Selamat membaca!

1. Miris, Bus Transjakarta Disuruh Mundur oleh Pemotor yang Lawan Arus

Pemotor Masuk Busway. (Instagram/romansasopirtruck)
Pemotor Masuk Busway. (Instagram/romansasopirtruck)

Masalah sepeda motor yang masuk ke jalur bus Transjakarta masih kerap terjadi. Teranyar, puluhan pemotor yang masuk busway dan melawan arah terhadang bus Transjakarta.

Mirisnya, pemotor seolah ogah mengalah hingga terdengar teriakan agar bus mundur dan memberi jalan kepada mereka.

Baca selengkapnya

2. Pakai Strobo dan Merokok di Jalan, Ulah Pemotor Ini Bikin Geram Bukan Main

Pengendara motor yang memakai strobo dan merokok di jalan. (Facebook)
Pengendara motor yang memakai strobo dan merokok di jalan. (Facebook)

Penggunaan strobo pada kendaraan yang tidak seharusnya memang kerap menyusahkan pengguna jalan lainnya. Sebab, pancaran lampunya sangat menyilaukan.

Nah, bagaimana jika silaunya lampu tersebut masih dipadukan dengan percikan bara api rokok di jalan? Apakah bakal 'meriah'? Seperti video satu ini

Baca selengkapnya

3. Motor Dirusak Gara-gara Emosi, Apa Kata Pakar ?

Lelaki hancurkan motor [Twitter: @AboutTng].
Lelaki hancurkan motor [Twitter: @AboutTng].

Kejadian pasangan bermotor di Jalan Letnan Soetopo, Serpong, Tangerang Selatan tanpa mengenakan helm, tidak dilengkapi surat-surat berkendaraan, dan saat diperiksa Polisi si lelaki menumpahkan emosi dengan cara merusak motor, menjadi viral pada Kamis (7/2/2019).

Apa kata dunia? Tepatnya sektor otomotif yang senantiasa memberikan apresiasi terhadap tunggangan, kendaraan konsep, bahkan melahirkan komunitas pencinta kendaraan, sampai cabang olah raga otomotif?

Baca selengkapnya

4. Ini Gadis Katolik yang kasih Pizza ke Driver Ojol untuk Berbuka Puasa

Agnes Claudia berpose saat menyambangi redaksi Suara.com di Jalan Sisingamangaraja, Jakarta Selatan, Senin (20/5).[Suara.com/Arief Hermawan P]
Agnes Claudia berpose saat menyambangi redaksi Suara.com di Jalan Sisingamangaraja, Jakarta Selatan, Senin (20/5).[Suara.com/Arief Hermawan P]

Agnes Claudia berpose saat menyambangi redaksi Suara.com di Jalan Sisingamangaraja, Jakarta Selatan, Senin (20/5). Agnes adalah gadis Katolik yang sempat viral di media sosial setelah aksinya yang sengaja memesan pizza melalui aplikasi Ojek Online (Ojol), yang diberikan kepada driver Ojol untuk berbuka puasa. Kisah tersebut ramai diperbincangkan warganet yang menganggapnya sebagai bentuk nyata toleransi beragama. [Suara.com/Arief Hermawan P]

Baca selengkapnya

Suara.com/RR Ukirsari Manggalani.

Terkait

Terkini