Selasa, 19 November 2019

Ini Sederet Ubahan Regulasi F1 2021, Kompetisi Makin Ketat?

Ubahan tersebut dibuat untuk memangkas gap antar tim, baiki di dalam maupun diluar lintasan.

Dany Garjito | Cesar Uji Tawakal
Mobil F1 2021. (Twitter/@f1)
Mobil F1 2021. (Twitter/@f1)

Mobimoto.com - Beberapa musim belakangan, ajang balapa 'jet darat' Formula 1 kerap disebut tak semenegangkan yang dulu, khususnya semenjak eranya penggunaan mesin hybrid.

Sederet faktor pun kerap tuding menjadi biang keladi di balik merosotnya kualitas ajang balapan satu ini, termasuk adanya dominasi dari tim Mercedes.

Terkait hal ini, penyelenggara F1 telah lama menggodok perubahan kebijakan yang rencananya akan diterapkan tahun 2021.

Ubahan tersebut di antaranya desain mobil baru yang akan mulai dipakai di kompetisi dua tahun mendatang.

Dikutip dari situs resmi Formula 1, desain mobil terbaru diklaim lebih seksi.

Mobil Formula 1 2021. (Twitter/@F1)
Mobil Formula 1 2021. (Twitter/@F1)

 

"Faktor aestetis merupakan hal yang paling mencolok, namun itu tak cuma kosmetik. Selama beberapa tahun, F1 dan FIA telah bekerja tanpa lelah untuk membuat desain mobil yang memungkinkan jarak antar pembalap menjadi lebih rapat." tulis mereka di situs resmi Formula 1.

"Kuncinya adalah untuk menemukan solusi kehilangan downforce mobil saat berada tepat di 'ekor' pembalap lain. Mobil musim 2019 membuat pembalap kehilangan 40% dwonforce, namun mobil 2021 nanti mobil hanya kehilangan 5-10%." lanjut mereka.

Tak cuma mengenai mobil, mereka juga membuat regulasi terkait finansial tiap tim agar tidak terlalu timpang antara tim unggulan dan tim medioker. Batasan tersebut adalah dana maksimal tiap tim dipatok sebesar 175 juta dolar.

Ditambah lagi, porsi pembalap muda bakal ditambah dengan adanya peraturan yang mewajibkan tiap tim untuk memiliki pembalap yang pernah turun balapan maksimal dua kali dan ikut sesi latihan bebas minimal dua kali.

 

 

Terkait

Terkini