Events

Bikin Penasaran, Jadi Ini Perbedaan Motor Tiap Kelas di MotoGP

Apa saja sih perbedaannya?

Dany Garjito | Cesar Uji Tawakal

Tim pabrikan KTM MotoGP. (motogp.com)
Tim pabrikan KTM MotoGP. (motogp.com)

Mobimoto.com - Beda kelas beda spesifikasi, setiap motor yang berlaga di ajang kejuaraan dunia ini memiliki perbedaan-perbedaaan tertentu, tergantung kelasnya. Beda sasis, kapasitas bahkan performa emang seberapa jauh perbedaan motor-motor balap tersebut?

Hal ini terjawab oleh sebuah video yang diunggah oleh akun Instagram resmi MotoGP yang memperlihatkan perbedaan tiap kelas balapan. Seperti apa? Simak video berikut ini.

1. MotoGP

Pada motor MotoGP, motor ini memiliki sasis khusus yang dikembangkan tiap tim. Tak hanya itu, kapasitas motor ini mencapai 1000 cc yang mampu menempuh kecepatan kurang lebih 350 km/jam. Punya sasis dan mesin prototipe 4 silinder, motor ini mampu menghasilkan tenaga sekitar 250 HP. Bobot minimum dari motor ini haruslah mencapai 157 kg dan tidak termasuk bobot pembalap yang tidak diregulasi.

2. Moto2

Berbeda dengan motor MotoGP yang dikembangkan secara khusus oleh setiap tim pabrikan, motor di Moto2 menggunakan jenis yang seragam, yakni Triumph yang memiliki mesin 3 silinder 765 cc yang mampu menghasilkan tenaga sekitar 140 daya kuda. Punya bobot minimum motor plus rider seberat 217 kg, motor ini mampu menempuh kecepatan sekitar 295 km/jam.

3. Moto3

Dengan bobot minimum  152 kg termasuk rider, motor prototipe 1 silinder 250cc di kelas  Moto3 mampu menghasilkan tenaga sekitar 60 HP dan mampu menembus kecepatan 245 km/jam.

Itulah perbedaan spesifikasi dari tiap kelas balapan, MotoGP, Moto2 dan Moto3. Pantesan motornya kenceng abis ya...

Berita Terkait

Berita Terkini