Minggu, 21 Juli 2019

Juarai MotoGP Amerika, Alex Rins Dipuji Habis-habisan Valentino Rossi

Menurut Valentino Rossi, balapan berlangsung sangat cepat, dan lawan sangat piawai.

Angga Roni Priambodo
Alex Rins. (Instagram/alexrins)
Alex Rins. (Instagram/alexrins)

Mobimoto.com - Pembalap Suzuki asal Spanyol, Alex Rins berhasil mengukir sejarah. Untuk pertama kalinya, ia berhasil jadi juara di gelaran seri  MotoGP. Circuit of The Americas (COTA) jadi saksi sejarah bagi rekan senegara Marc Marquez itu menyisihkan Valentino Rossi ke posisi runner up.

Pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi merasa kecewa gagal meraih podium kemenangan di MotoGP Amerika Serikat 2019, Senin (14/4/2019) dini hari WIB. Meski begitu, rider berjuluk The Doctor itu mengakui jika Alex Rins (Suzuki Ecstar) tampil lebih baik darinya.

Pada balapan yang berlangsung di Circuit of The Americas (COTA), Austin, Texas, Amerika Serikat, Valentino Rossi punya peluang besar untuk meraih kemenangan, setelah Marc Marquez (Repsol Honda) yang memimpin balapan tergelincir di tikungan 12, lap ke delapan.

Namun, Valentino Rossi yang terus memimpin balapan hingga empat lap tersisa, pada akhirnya kecolongan. Posisi terdepan pun berhasil direbut dan dipertahankan Alex Rins hingga mencapai garis finis.

Rossi menyebut jika banyak melakukan kesalahan dalam balapan kali ini. Saat mencoba merebut kembali posisi terdepan, ia justru melebar di tikungan 12 hingga pada akhirnya tak mampu lagi memberi perlawanan kepada rider Spanyol itu.

Pebalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, saat menjalani tes pramusim MotoGP 2019 di Sirkuit Sepang, Malaysia, Rabu (6/2). [AFP./Mohd Rasfan]
Pebalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, saat menjalani tes pramusim MotoGP 2019 di Sirkuit Sepang, Malaysia, Rabu (6/2). [AFP/Mohd Rasfan]

"Sejujurnya, saya sudah coba melakukan yang terbaik, balapan berjalan sangat cepat. Namun pada akhirnya dia (Alex Rins) beraksi lebih baik dari saya. Dia membalap sangat baik dan saya tak mampu menyalipnya," ujar Valentino Rossi dilansir Motorsport, Senin (15/4).

"Saya melakukan dua kesalahan dalam hal pengereman. Jika tidak, mungkin saya bisa menekan Rins di lap terakhir," sambungnya.

Finis runner-up ini membuat Rossi baru sekali menang setelah puasa podium kemenangan sejak terakhir kali meraihnya di MotoGP Belanda 2017. Hal itu disebutnya memalukan, meski ada sisi positif di dalamnya.

"Ini memalukan, karena saya sudah tidak meraih kemenangan cukup lama. Namun (di balapan ini) kami cukup kuat, dan kami akan mencobanya lagi di balapan selanjutnya," pungkas Valentino Rossi.

Suara.com/Arief Apriadi.

Terkait

Terkini