Events

Nggak Sembarangan, Ini Kriteria Ideal Ban Motor MotoGP

Ban motor MotoGP menentukan kemenangan dan keselamatan para rider.

Dany Garjito | Husna Rahmayunita

Sepeda motor Suzuki GSX-RR untuk MotoGP 2019. (YouTube/Suzuki Racing News)
Sepeda motor Suzuki GSX-RR untuk MotoGP 2019. (YouTube/Suzuki Racing News)

Mobimoto.com - Kemenangan rider MotoGP untuk setiap balapan tidak hanya ditentukan oleh skill, tapi juga performa motor. Pemilihan ban menjadi salah satu komponen penting yang harus diperhatikan.

Tak seperti ban motor pada umumnya, ban motor MotoGP memiliki spesifikasi khusus. Tim akan melakukan treatment khusus demi keberhasilan para rider saat mengaspal di sirkuit.

Dikutip dari laman Box Repsol, para teknisi Michelin yang notabene penyedia ban resmi MotoGP akan melakukan analisis komprehensif sebelum memberikan saran tentang pilihan ban untuk balapan.

Sebelum memilih ban, ada beberapa kriteria yang harus pertimbangkan demi kemenangan dan kenyamanan pengendara. Salah satunya mengenai suhu lintasan yang begitu krusial.

Balapan MotoGP 2018 di Red Bull Ring. (ultimatemotorcycling.com)
Ilustrasi balapan MotoGP. (ultimatemotorcycling.com)

"Perkiraan suhu lintasan bukan satu-satunya pertimbangan. Untuk setiap balapan, kami menilai tata letak lintasan, termasuk bentuk dan arah belokan, granularitas mikro & makro (kekompakan) permukaan dan gaya lateral & longitudinal yang diterapkan pada ban," ujar seorang teknisi Michelin.

Setiap ban dirancang untuk memberikan tingkat kinerja dan kesinambungan tinggi dalam suhu tertentu. Jika ban kepanasan, ia kehilangan pegangan dan motor akan berputar. Sedangkan saat suhu rendah, ban kehilangan cengkeraman dan bisa meluncur tanpa kendali.

Untuk itu sebisa mungkin Michelin akan memilihkan ban terbaik bagi rider MotoGP yang fleksibel untuk berbagai suhu.

"Temperatur memiliki dampak langsung pada cengkeraman. Mereka dirancang untuk sangat fleksibel dan konsisten dalam berbagai suhu," lanjutnya.

Berita Terkait

Berita Terkini