Events

Kalah Telak di Australia, Lewis Hamilton Ungkap Penyebabnya

Hamilton baru merasakan masalah itu saat melewati lap keempat.

Angga Roni Priambodo | Husna Rahmayunita

Lewis Hamilton. (autoweek.com)
Lewis Hamilton. (autoweek.com)

Mobimoto.com - Lewis Hamilton terpaksa gigit jari usai GP Australia pada Minggu (17/3). Ia kalah telak dari rekan satu timnya, Valtteri Bottas sehingga harus puas keluar sebagai runner-up.

Hasil tersebut tentunya mengundang tanda tanya besar. Apalagi, dalam semua sesi latihan sang juara bertahan melakukan sapu bersih dan tampil perkasa dalam babak kualifikasi.

Lewis Hamilton kemudian mengungkap apa yang sebenarnya terjadi. Ada kerusakan komponen pada tunggangan kesayangannya, Mercedes W10 saat mengaspal di Australia.

Komponen tersebut ada di sebelah kiri bawah mobil Hamilton. Meski berukuran kecil, ternyata perangkat itu berperan penting untuk mengendalikan aliran udara pada roda belakang dan mencegah adanya turbulensi.

Pembalap asal Inggris itu mengaku masalah itu muncul saat melewati lap keempat. Sebelumnya, ia masih bisa mengimbangi gerak Valtteri Bottas.

Lewis Hamilton dengan Mercedes W10. (Instagram/@lewishamilton @motorsport.images)
Lewis Hamilton dengan Mercedes W10. (Instagram/@lewishamilton @motorsport.images)

"Sebelum kerusakan terjadi, saya masih bisa mengimbangi Valtteri. Tapi, sejak lap keempat, saya kesulitan dengan bagian belakang mobil," ungkap juara dunia lima kali seperti yang dikutip dari laman Motorsport.

Hamilton awalnya juga tak menyadari kesalahan itu berada di mana, tapi setelah dirasa ia baru sadar tak kuasa memaksimalkan performa W10 secara keseluruhan.

"Saya tidak yakin dari mana itu asalnya, karena saya tidak pernah melebar keluar," pungkasnya.

Terlepas dari semuanya, kini Lewis Hamilton berada di posisi kedua dengan selisih 8 poin dari Valtteri Bottas.

Berita Terkait

Berita Terkini