Events

Sempat Dikira Wacana, Ini Sederet Fakta Mengenai Megahnya Sirkuit Mandalika

Sirkuit ini rencananya bakal dibangun secara apik. Penasaran?

Angga Roni Priambodo | Cesar Uji Tawakal

Presiden Jokowi saat bertemu dengan CEO Dorna. (Instagram/@jokowi_one01)
Presiden Jokowi saat bertemu dengan CEO Dorna. (Instagram/@jokowi_one01)

Mobimoto.com - Indonesia telah resmi menjadi tuan rumah MotoGP dan WSBK pada 2021, setelah sebelumnya wacana serupa sering mencuat. Tingginya animo masyarakat terhadap ajang balap motor membuat Dorna selaku penyelenggara dua ajang tersebut tertarik untuk menjadikan Indonesia menjadi tuan rumah.

Indonesia memiliki beberapa opsi, namun akhirnya Mandalika,Nusa Tenggara Barat (NTB) terpilih sebagai lokasi terselenggaranya ajang balapan paling bergengsi di dunia tersebut. Dan berikut adalah sederet fakta mengenai Sirkuit Mandalika.

1. Mulai 2021

Indonesia akan menjadi tuan rumah salah satu seri balapan di dua ajang, yakni MotoGP dan WSBK pada 2021. Tingginya animo masyarakat terhadap balap motor juga menjadi faktor dijadikannya Indonesia sebagai salah satu tuan rumah balapan.

2. Panjang Sirkuit

Sirkuit Mandalika yang terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat ini dikabarkan bakal memiliki panjang lintasan 4,3 km dan 18 tikungan dengan konsep 'urban track' alias lintasan yang menggunakan jalan raya.

3. Kapasitas

Sirkuit ini direncanakan bakal mampu menampung setidaknya 150 ribu orang, dengan penonton di grand stand sejumlah 50 ribu penonton.

4. Durasi Kontrak

Indonesia resmi terikat kontrak oleh Dorna sebagai penyelenggara MotoGP dan WSBK selama tiga tahun, mulai dari 2021.

5. Lama Pembangunan Sirkuit

Mandalika, Calon Sirkuit Jalan Raya (Street Circuit) Untuk Gelar MotoGP. (MotoGP)
Mandalika, Calon Sirkuit Jalan Raya (Street Circuit) Untuk Gelar MotoGP. (MotoGP)

VINCI Construction Grands Projects, sebuah perusahaan asal Prancis yang bergerak di bidang Konsensi dan Konstruksi sekaligus sebagai pihak yang menangani sirkuit ini berencana bakal menyelesaikan sirkuit tersebut selama 14 bulan.

Itulah lima fakta mengenai Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Jadi nggak sabar pengen bisa nonton langsung balapan di Lombok. Ya nggak, Sob?

 

Berita Terkait

Berita Terkini