Sabtu, 19 Oktober 2019

Video Kecelakaan Pembalap Moto2, Bukti Pentingnya Safety Gear Bagi Pembalap

Setiap pembalap berisiko alami kecelakaan parah, video ini buktikan kalau safety gear yang digunakan pembalap MotoGP sangat penting.

Angga Roni Priambodo | Praba Mustika
Jorge Lorenzo. (Twitter/@lorenzo99)
Jorge Lorenzo. (Twitter/@lorenzo99)

Mobimoto.com - Iker Lecuona yang membalap di kelas Moto2 untuk tim American Racing KTM baru saja mengalami kecelakaan saat sesi latihan bebas di sirkuit Losail, Qatar. Pada video yang diunggah @motogp di jejaring Instagram, memperlihatkan seberapa ngerinya kecelakaan yang dialami pembalap 19 tahun itu. Sekaligus, membuktikan pentingnya safety gear bagi pembalap motor.

Insiden yang menimpa para rider MotoGP, tak jauh dari bersenggolan dengan pembalap lain, atau mengalami selip di tikungan sehingga pembalap terjatuh.

Sering pula didapati pembalap yang mengalami crash dalam kecepatan tinggi, yang menyebabkan kecelakaan yang terjadi pun bisa dibilang cukup parah.

Seperti yang dialami oleh Iker Lecuona, pembalap muda di kelas Moto2 yang terjatuh di tikungan saat sesi latihan bebas (FP) di sirkuit Losail, Qatar. Ia terjatuh karena ban belakang motornya mengalami selip, sehingga ia kehilangan kontrol dan terjatuh.

Video slow motion tersebut memang terlihat sangat mengerikan, Sob. Jadi membayangkan, apa jadinya jika Iker Lecuona tidak menggunakan safety gear secara benar. Mungkin cedera yang dialaminya bisa jadi sangat parah.

Memang, seperti apa sih safety gear yang melekat di tubuh para pembalap MotoGP? Lalu, apa saja fungsi dan kegunaannya?

Melansir BoxRepsol, pakaian dan segala perlengkapan yang digunakan oleh para rider MotoGP adalah penting untuk keselamatan.

Mulai dari helm, wearpack alias seragam, knee sliders dan elbow pads, sarung tangan, sepatu hingga airbag. Semuanya berfungsi untuk memberikan perlindungan serta meminimalisir dampak cedera. Biar lebih jelas, yuk kita cari tahu satu per satu.

Helm

Helm baru Valentino Rossi. (tutomottoriweb)
Helm baru Valentino Rossi. (tutomottoriweb)

Setiap pembalap MotoGP wajib menggunakan helm jenis full face yang terbuat dari bahan carbon fibre. Helm pembalap MotoGP juga harus sudah memenuhi standarisasi helm di dunia. Tak sembarangan, helm yang digunakan para pembalap, harus memiliki ventilasi udara yang baik, mampu melindungi area kepala serta nyaman.

Wearpack

Ilustrasi Wearpack. (Leather Collection)
Ilustrasi Wearpack. (Leather Collection)

Harga seragam yang wajib digunakan para rider MotoGP ini, kabarnya menyentuh angka puluhan juta rupiah, Sob. Memang apa spesialnya?

Jelas spesial, dong. Karena wearpack atau disebut juga race suit sangat penting untuk melindungi tubuh para pembalap. Terbuat dari bahan terbaik, wearpack harus bisa menahan abrasi dan benturan dari aspal maupun pasir.

Dilengkapi juga dengan armour, yang disebut BoxRepsol berguna untuk meredam dampak benturan saat pembalap terjatuh. Oh iya, meski harus memberikan perlindungan maksimal, wearpack juga harus memiliki bobot seringan mungkin.

Terkait

Terkini