Senin, 14 Juni 2021

F1: Renault Yakin Aturan Baru Akan Membuat Timnya Bisa Kompetitif

Banyak tim yang merasa optimis dengan aturan baru ini, salah satunya Renault.

Tinwarotul Fatonah | Cesar Uji Tawakal
cloud_download Baca offline
Pebalap Renault musim 2018 sebelum kedatangan Daniel Ricciardo/motorsport
Pebalap Renault musim 2018 sebelum kedatangan Daniel Ricciardo/motorsport

Mobimoto.com - Diterapkannya aturan baru pada kompetisi Formula 1 membuat tim Renault merasa optimis. Menurut mereka, aturan baru pada kompetisi balap 'jet darat' ini membuat gap dari tim unggulan dan tim non unggulan menjadi berkurang.

Musim lalu, Renault mengalami kemerosotan performa yang membuat mereka kesusahan untuk bersaing dengan tim papan atas sekelas Mercedes, Ferrari dan Red Bull. Mereka berharap dengan aturan baru ini, aksi 'cucuk-cucukan' alias saling 'tempel' antar mobil makin kental terasa.

Tim pabrikan asal Prancis ini merasa mereka harus memaksimalkan sederet perubahan aturan ini, meningkatkan performa mereka sambil megharapkan tim lain mengalami kendala.

Fitur 'Halo' pada Mobil Formula 1. (racedepartment)
Fitur 'Halo' pada Mobil Formula 1, salah satu kebijakan kotroversial musim lalu. (racedepartment)

''Secara realistis, jika anda melihat performa kami musim lalu maka kami harus meningkatkan performa kami dua setengah kali lipat dan itu nyaris mustahil.'' ujar Marcin Budkowski, Direktur Eksekutif dari Renault, dikutip dari Crash (27/1).

''Ada hal yang mampu membuat performa tim lain menurun namun itu adalah fakor eksternal dan itu di luar kendali kami. Dalam sudut pandang kami yang terbaik adalah untuk tetap memaksimalkan performa kami sendiri dan mencapai target.'' ujar Budkowski.

Terkait

Terkini