Events

Gina Bovaird, Pembalap Perempuan Pertama di MotoGP

Pembalap perempuan bukanlah hal yang baru, bahkan di MotoGP.

Angga Roni Priambodo | Cesar Uji Tawakal

Gina Bovaird, pembalap MotoGP perempuan pertama. (motociclismofemenino.com)
Gina Bovaird, pembalap MotoGP perempuan pertama. (motociclismofemenino.com)

Mobimoto.com - Dunia balapan, apalagi MotoGP memang selalu identik dengan laki-laki. Olah raga yang berisiko tinggi membuat tak banyak perempuan yang berkecimpung di ajang adu kecepatan ini. Namun hal tersebut bukan berarti tidak mungkin, pembalap ini contohnya.

Perempuan asal Boston, Amerika Serikat ini tercatat sebagai satu-satunya pembalap perempuan yang pernah balapan di kelas primer MotoGP.  Pembalap ini bernama Gina Bovaird, namanya terukir pada gelaran GP Prancis pada tahun 1982.

Gina Bovaird, pembalap MotoGP perempuan pertama. (motori.fanpage.it)
Gina Bovaird, pembalap MotoGP perempuan pertama. (motori.fanpage.it)

Perjalanannya menjadi pembalap perempuan tidaklah mudah. Gina Bovaird telah beberapa kali gagal mengikuti balapan karena adanya masalah yang timbul.  Pada 1981 ia gagal untuk lolos dalam beberapa balapan di kelas 500 cc Kejuaraan Dunia Sepeda Motor.

Pada tahun 1982, tim pabrik Jepang memboikot Grand Prix Perancis di Nogaro. Di sana Bovaird berhasil memenuhi syarat mereka untuk masuk grid. Di GP Prancis pada tahun tersebut, ia mengendarai Suzuki RG Γ 500, membuat dirinya menjadi wanita pertama (dan untuk saat ini, satu-satunya) yang bersaing di kelas utama Kejuaraan Dunia yang kini bernama MotoGP.

Itulah pembalap perempuan pertama di MotoGP, Gina Bovaird.

Berita Terkait

Berita Terkini