Sabtu, 19 Oktober 2019

Karakter Mesin Triumph Bikin Motor Moto2 Mirip MotoGP

Perubahan mesin membawa perubahan gaya balap di kelas Moto2.

Dany Garjito | Praba Mustika
Motor Triumph yang akan mengaspal di ajang balap Moto2. (Zigwheels.com)
Motor Triumph yang akan mengaspal di ajang balap Moto2. (Zigwheels.com)

Mobimoto.com - Produsen motor asal Inggris, Triuph resmi menjadi pemasok mesin untuk ajang balap motor kelas Moto2. Triumph membawa mesin 765cc tiga silinder, menggantikan mesin 600cc empat silinder buatan Honda. Mesin tiga silinder buatan Triumph, juga diklaim mendekati dengan mesin motor yang berkompetisi di kelas MotoGP.

Pernyataan ini, keluar dari para pembalap Moto2 seperti Sam Lowes dan Thomas Luthi, yang pada musim 2018 berlaga di kelas MotoGP.

Melansir dari Crash, Sam Lowes mengatakan ''Kecepatan di dalam tikungan memang lebih lambat dari mesin (buatan Honda) sebelumnya tapi saat masuk dan keluar tikungan, motor sudah cukup cepat. Oke ini bukan MotoGP, memang masih 130 daya kuda tapi, ini sudah cukup mirip dengan MotoGP ketika kamu harus berhenti lebih banyak dibandingkan mesin Moto2 buatan Honda.''

Sam Lowes Kini Berkompetisi di Kelas Moto2. (Instagram/@sam.lowes22)
Sam Lowes Kini Berkompetisi di Kelas Moto2. (Instagram/@sam.lowes22)

Kompatriot Sam Lowes, sementara itu, juga mengatakan hal serupa ''Sekarang Aku kembali (ke Moto2) dan aku juga berpikir bahwa 'Moto2 akan semakin mirip dengan MotoGP' tapi memang, kamu masih butuh kecepatan saat di tikungan, dibandingkan motor besar (MotoGP).''

Sedangkan menurut Alex Marquez, perubahan mesin juga memengaruhi gaya membalap dan ia mengatakan bahwa torsi menjadi perbedaan yang cukup berpengaruh.

''Torsinya (mesin Triumph) sangat besar, lebih besar dibandingkan mesin Honda. Jadi gaya membalap pun, harus sedikit berubah. Ini hal bagus karena semakin mirip dengan gaya MotoGP: Coba untuk menghentikan motor, memaksimalkan tikungan sampai keluar tikungan.'' Kata adik Marc Marquez ini.

Dengan impresi para pembalap ini, tentu jadi nilai positif karena pembalap yang nantinya naik ke MotoGP tidak terlalu kesulitan beradaptasi, selain itu juga akan membuat balapan kelas Moto2 semakin menarik untuk disaksikan.

Terkait

Terkini