Sabtu, 19 Oktober 2019

MotoGP: Musim 2018 Usai, Ini Daftar Juara Tiap Kelasnya!

Dua 'anak didik' Valentino Rossi angkat trofi, siapa saja mereka?

Dany Garjito | Cesar Uji Tawakal
Marc Marquez juara dunia MotoGP 2018. (Twitter/@motogp)
Marc Marquez juara dunia MotoGP 2018. (Twitter/@motogp)

Mobimoto.com - Balapan MotoGP seri Valencia menjadi penanda berakhirnya musim 2018. Balapan yang ditutup dengan kemenangan pembalap Ducati, Andrea Dovizioso ini menjadi momen 'ketok palu', meresmikan beberapa gelar yang telah berhasil diklaim oleh pembalap.

Dalam kejuaraan dunia balap motor prototipe ini, ada 5 gelar yang diperebutkan. Gelar tersebut adalah juara dunia MotoGP, Moto2 dan Moto3. Selain juara 'umum' pada tiap kelas tersebut, masih ada gelar yang diperebutkan, yakni gelar Rookie of the Year, dan pembalap satelit terbaik. Siapa saja pemenangnya?

  1. Juara Dunia MotoGP: Marc Marquez
  2. Juara Dunia Moto2: Francesco Bagnaia
  3. Juara Dunia Moto3: Jorge Martin
  4. Pembalap Satelit Terbaik: Johann Zarco
  5. Pembalap Pemula Terbaik: Franco Morbidelli

Yang menarik adalah, hadirnya Francesco Bagnaia dan Franco Morbidelli sebagai peraih gelar, menandakan 'keampuhan' dari akademi VR46, akademi yang dibesut oleh the Doctor Valentino Rossi.

Selain itu, ini adalah gelar pembalap satelit terbaik kedua bagi Johann Zarco setelah sebelumnya pembalap Perancis itu memenangi gelar ini pada musim lalu. Sebelum Johann Zarco, gelar ini dipegang oleh Cal Crutchlow pada musim 2016.

Lalu di kelas Moto3, Jorge Martin berhasil menyudahi perlawanan ketat yang diberikan oleh Fabio di Giannantonio dan Marco Bezzechi.

Itulah rangkuman pemenang gelaran MotoGP musim 2018 dari tiap kelas. Pada musim depan, ada kelas baru yakni kelas motor elektrik, MotoE yang patut disimak keseruannya.

Terkait

Terkini