Kamis, 05 Agustus 2021

Ini Dia Aturan Baru untuk Helm Pembalap MotoGP, Canggih!

Helm baru untuk pembalap MotoGP di tahun depan lebih canggih.

Agung Pratnyawan | Husna Rahmayunita
cloud_download Baca offline
Valentino Rossi (Instagram/@valeyellow46)
Valentino Rossi (Instagram/@valeyellow46)

Mobimoto.com - Kabar baru datang untuk pembalap Grand Prix, sebuah aturan baru tentang helm diluncurkan. Mulai musim 2019, semua pembalap wajib menggunakan helm berhomologasi.

Standard helm baru pembalap MotoGP ini sesuai dengan keputusan Komisi Grand Prix setelah rapat besar di Sirkuit Sepang, Malaysia pada Sabtu (3/11).

Helm baru nantinya mengacu pada homologasi Federation Internationale de Motocyclisme (FIM) sebagai pengganti standard internasional sebelumnya (ECE, Snell dan JIS).

Menurut standard yang baru, helm berhomologasi FIM telah melewati serangkaian evaluasi kinerja yang lebih mantap. Selain itu masalah keamanan yang disesuaikan dengan kecepatan pembalap.

Label homologasi FIM nantinya akan mengidentifikasi setiap helm pembalap yang berkompetisid di Grand Prix. Caranya dengan memindai label kode QR dan secara otomatis informasi mengenai fitur-fitur helm dan validitas homologasi akan didapat.

Helm baru Marc Marquez. (Instagram/@marcmarquez93)
Helm baru Marc Marquez. (Instagram/@marcmarquez93)

Tak cukup sampai di situ, hologram FIM 3D akan menampilkan nilaim keamanan tinggi ke label untuk menjamin keistimewannya.

''Ini adalah contoh nyata dari teknologi pada layanan olahraga dan keselamatan, kami sangat bangga bahwa peluncuran program sedang berlangsung,'' ujar Fabio Muner selaku Direktur Olahraga FIM seperti yang dikutip dari laman Motorsport.

Sementara itu, dalam waktu dekat FIM akan merilis daftar helm yang telah lolos FIM Racing Homologation Programme.

Terkait

Terkini