Events

Beredar Kabar Indonesia Siapkan Sirkuit MotoGP 2021, Wow!

Indonesia siap jadi tuan rumah MotoGP beberapa tahun ke depan.

Agung Pratnyawan | Husna Rahmayunita

Sirkuit MotoGP. (sportskeeda.com)
Sirkuit MotoGP. (sportskeeda.com)

Mobimoto.com - Setiap negara pasti ingin menjadi tuan rumah ajang bergengsi MotoGP di masa mendatang. Sebuah kabar membahagiakan pun datang, salah satu sirkuit di Indonesia dikabarkan masuk dalam kalender MotoGP 2021.

Hal itu tentunya disambut baik oleh penggemar MotoGP di negara ini. Tak perlu jauh-jauh ke luar negeri, balapan motor keren bakal terjadi di kandang sendiri.

Dikutip dari laman motorsport.com, sebuah sirkuit jalan raya (street circuit) akan dibangun di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Dan belum banyak yang tahu jika Carmelo Ezpelata selaku CEO Dorna Sports telah berkunjung ke sirkuit yang ada di Mandalika, Nusa Tenggara Barat.

Sedangkan untuk pembangunan infrastruktur nantinya di bawah kendali VINCI Construction Grands Project, perusahaan asal Peracis yang bergerak di bidang Konsesi dan Konstruksi.

''Mungkin ada di sirkuit jalan di MotoGP. Proyek solid di sebuah kota tropis. Secara teori, sirkuit berada di perkotaan dan paddock akan tertutup, terintegrasi di pusat eksibisi,'' ujar Carmelo Ezpeleta.

Sirkuit Sentul Indonesia. (suara.com/Oke Atmaja)
Sirkuit Sentul Indonesia. (suara.com/Oke Atmaja)

Proyek besar, rencananya sirkuit jalan raya di Lombok akan dibangun di area seluas 131 hektar dengan biaya investasi sebesar 1 miliar dolar Amerika atau sekitar Rp 14,5 triliun.

Di sisi lain, meski masih rencana setidaknya pembangunan sirkuit di Indonesia tersebut seperti jawaban atas penantian panjang. Mengingat banyak negara yang mengincar kesempatan tersebut.

Pihak Dorna memastikan jika laga di tahun 2021 nanti tidak jauh beda dari balapan tahun-tahun sebelumnya.

''Hingga tahun 2021, kami pastinya akan menggelar lebih dari 20 Grand Prix dalam setahun. Setelah itu, kita akan lihat apa yang terjadi,'' tutup CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta.

Berita Terkait

Berita Terkini