Events

Terjatuh Hingga Cedera, Jorge Lorenzo Salahkan Marc Marquez

Meski raih pole position di sesi kualifikasi, Jorge Lorenzo malah gagal finis di MotoGP Aragon.

Rauhanda Riyantama | Praba Mustika

Jorge Lorenzo Terjatuh di Tikungan Pertama Sirkuit Aragon. (Twitter/MotoGP)
Jorge Lorenzo Terjatuh di Tikungan Pertama Sirkuit Aragon. (Twitter/MotoGP)

Mobimoto.com - Marc Marquez kembali berhasil meraih podium pertama di lanjutan MotoGP seri ke-14 yang berlangsung di sirkuit Aragon, Spanyol. Tapi kemenangan pembalap 25 tahun itu, sedikit ternodai setelah calon rekan setimnya di Honda, Jorge Lorenzo mengatakan kalau kecelakaan yang menimpa dirinya, disebabkan oleh Marc Marquez.

Jorge Lorenzo tampil meyakinkan, setelah ia berhasil meraih pole position di sesi kualifikasi yang dilangsungkan pada Sabtu (22/09) sayang, pembalap dengan nama lengkap Jorge Lorenzo Guerrero ini harus terjatuh di tikungan pertama, sesaat setelah race dimulai.

Menurut sudut pandang Lorenzo, ia jatuh karena Marc Marquez yang, secara agresif masuk ke dalam tikungan dan tidak membiarkan Lorenzo untuk melewatinya, seperti dilansir Crash.

Jorge Lorenzo Terjatuh di Tikungan Pertama Sirkuit Aragon. (Twitter/MotoGP)
Jorge Lorenzo Terjatuh di Tikungan Pertama Sirkuit Aragon. (Twitter/MotoGP)


''Dari luar, terlihat aku yang masuk (tikungan) terlalu cepat, melebar dan terlalu miring, hingga akut terjatuh. Tapi menurut pengalamanku, aku melakukannya dengan normal seperti yang telah kulakukan selama tujuh tahun di Aragon,'' ujar Jorge Lorenzo.

Pembalap dengan nomor motor 99 ini menambahkan ''Tapi aku melihat, Marc Marquez masuk ke dalam dengan sangat agresif dan tidak membuat tikungan. Ketika ia melihatku di sisi luar, dia tidak membiarkanku melewatinya, yang menyebabkan aku tidak punya banyak pilihan selain menuju sisi luar lintasan. Karena kami sudah terlalu melebar dan pembalap lain juga sudah mulai memasuki tikungan, aku harus membuka gas agar tidak kehilangan posisi,''

''Aku tidak akan menambah kecepatan lagi, karena sebetulnya aku tidak mengira ban belakang motorku akan selip. Aku lebih memilih untuk mengalah dan keluar lintasan. Tapi aku tidak punya banyak pilihan lain. Jika insiden di Misano, sepenuhnya kesalahanku, tapi kali ini Marc Marquez merusak balapanku, dan membuatku cedera kaki.'' Pungkas Lorenzo.


Sumber video: Olsy Dany

Apa yang dilakukan oleh Marc Marquez disebut sebagai Block Pass, yaitu ketika seorang pembalap melewati pembalap lain dan dengan sengaja menutup jalan di tikungan, dan memaksa pembalap yang dilewati untuk keluar tikungan lebih lebar lagi.

Kegagalan Jorge Lorenzo menyelesaikan balapan di MotoGP Aragon, membuat jarak poin dengan rekan setimnya di Ducati, Andrea Dovizioso menjadi 44 poin.

Berita Terkait

Berita Terkini