Events

Pol Espargaro yang Jadi Musuh Bersama di Sachsenring

Akibat ulahnya pebalap asal Spanyol itu gagal finis di Jerman. Ia juga menyebabkan Alex Rins gagal menyelesaikan balapan di seri ke-9 MotoGP.

Rendy Adrikni Sadikin | Praba Mustika

Pol Espargaro/autosport.com
Pol Espargaro/autosport.com

Mobimoto.com - Pebalap dari Red Bull KTM Factory Racing, Pol Espargaro seketika jadi public enemy setelah seri kesembilan MotoGP di Sachsenring.

Padahal, Espargaro sempat menciptakan rekor baru, waktu tercepat di sesi pemanasan dengan catatan waktu 1 meit 21.230 detik.

Namun sayang, keberhasilan mencetak rekor itu tercoreng akibat ulahnya sendiri di awal race.

Insiden yang terjadi di tikungan ketiga ini, melibatkan beberapa pebalap lain bahkan dua di antaranya adalah rider dari Tim Suzuki, Andrea Iannone dan Alex Rins. Satu nama lain yang terlibat adalah Jack Miller dari Alma Pramac Racing.

Jack Miller/autosport.com
Jack Miller/autosport.com

Dilansir dari crash.net, insiden itu terjadi di tikungan ketiga di lap pertama. Pol Espargaro yang masuk dari sisi dalam kemudian hilang keseimbangan dan membuat Iannone melebar.

Beruntung Iannone berhasil lolos dari insiden, tapi rekan setimnya, Alex Rins harus ikut mencicipi gravel bersama Espargaro.

Jack Miller juga cukup beruntung, meskipun sempat masuk ke gravel tapi kemudian ia bisa kembali ke lintasan dan mengikuti race hingga finis.

Sebetulnya Espargaro sudah diinvestigasi tapi tidak ada penalti yang diberikan oleh race direction.

Espargaro pun telah menyatakan dirinya bertanggung jawab terhadap insiden tersebut. "Aku berada di sisi luar di tikungan kedua dan begitu masuk ke tikungan ketiga aku sedikit mendorong (Iannone) keluar, itu adalah hal yang wajar."

"Tapi aku tidak bisa menghindari Iannone yang ada di sisi dalam. Aku terjatuh dan, aku benar-benar minta maaf kepada Alex (Rins)." Lanjut Espargaro.

Pol Espargaro/speedweek.com
Pol Espargaro/speedweek.com

Alex Rins sendiri telah menerima permohonan maaf dari Pol Espargaro tapi menurutnya, Espargaro harus diberikan hukuman agar tidak menimbulkan kekacauan di race berikutnya.

Rins menambahkan "Aku telah bertemu dengannya (Espargaro) dia meminta maaf dan aku bilang 'oke, tidak masalah, terkadang hal-hal seperti itu bisa terjadi pada siapa saja."

Iannone dan Alex Rins saat kualifikasi di Sachsenring/suzuki-racing.com
Iannone dan Alex Rins saat kualifikasi di Sachsenring/suzuki-racing.com

Sementara Jack Miller pun turut angkat bicara soal insiden ini. "Aku sedang melakukan pengerman dan ia (Espargaro) masih terus mencoba masuk dari belakang. Kemudian ia mencoba dari sisi luar dan saat masuk di tikungan ketiga, ia melakukannya kepada Rins."

Iannone yang finis di posisi ke-12 menambahkan "Aku paham bahwa semua pebalap mencoba menjadi yang tercepat di awal lap, tapi MotoGP saat ini lebih berbahaya dan semuanya harus lebih berhati-hati lagi."

 

Berita Terkait

Berita Terkini