Events

Akhirnya Pedrosa Resmi Umumkan Masa Depan Karirnya

Performa pembalap asal Spanyol di musim 2018 ini tidak begitu bagus, bahkan terus merosot. Cidera pergelangan tangan juga memengaruhi performanya di atas sirkuit.

Agung Pratnyawan | Praba Mustika

Dani Pedrosa/motorcyclenews.com
Dani Pedrosa/motorcyclenews.com

Mobimoto.com - Setelah diterpa berbagai isu mengenai masa depannya, Hari ini Dani Pedrosa secara resmi mengumumkan pensiun dari MotoGP.

Setelah Repsol Honda Team mengontrak Jorge Lorenzo untuk musim depan, Pedrosa sempat dikaitkan dengan kepindahannya ke tim SIC Petronas Yamaha.

Isu terkait masa depannya sudah mulai berhembus sejak race di Catalunya dan semakin membuat bertanya-tanya, ketika hanya mengakhiri balapan di posisi ke-15 di Assen, Belanda.

Dilansir dari crash.net, Pembalap 32 tahun itu mengatakan "Tahun depan aku tidak akan berkompetisi di ajang ini lagi. Aku akan menyudahi karir balap musim ini."

Pedrosa menambahkan "Bukan keputusan yang mudah, dan aku telah memikirkan sejak jauh-jauh hari karena ini adalah olahraga yang aku cintai."

Tidak lupa ia juga mengucapkan terima kasih kepada siapapun yang telah membantu selama karirnya "Terima kasih untuk semuanya yang telah membantuku dan ini saatnya aku memulai kisahku yang baru."

Pembalap dengan nomor motor 26 ini juga menjelaskan kenapa ia menunda pengumuman soal keputusan karirnya usai race di Barcelona.

"Seperti yang sudah aku katakan di Barcelona, sebetulnya aku sudah membayangkan untuk menyudahi karirku tapi kemudian ada tawaran (SIC Petronas Yamaha) yang membuatku kembali berpikir." Katanya

Ia menambahkan "Tapi kemudian keputusan yang baik adalah sebuah keputusan yang kita pikir matang-matang seiring berjalannya waktu dan juga dengan bantuan dari orang-orang terdekat dan keluarga." tambah Dani Pedrosa.

Dani Pedrosa Mengakhiri Konferensi Pers/asphaltandrubber.com
Dani Pedrosa Mengakhiri Konferensi Pers/asphaltandrubber.com

Dorna selaku penyelenggara MotoGP, melalui CEO-nya Carmelo Ezpelata menyatakan bahwa Dani Pedrosa akan dinobatkan sebagai Legenda MotoGP saat race terakhir di Valencia, bulan November nanti.

"Aku rasa ini adalah sebuah penghargaan kecil dari kami atas apa yang telah ia lakukan sepanjang karirnya di MotoGP." Kata Ezpelata.

Pencapaian terbaik Pedrosa sepanjang karirnya adalah ketika berhasil menjadi runner-up di tahun 2007, 2010 dan 2012.

Sementara untuk musim 2018 ini, hasil terbaik yang ia dapatkan adalah mengakhiri balapan di posisi ke lima di Le Mans dan Catalunya setelah pulih dari cedera pergelangan tangan.

Ketika ditanya apakah ia akan tetap terlibat di MotoGP musim depan (bukan sebagai pembalap), Pedrosa menjawab "Aku belum bisa menjawabnya saat ini, walaupun aku ingin tetap berada di sini, melakukan apapun yang aku bisa karena ini adalah olahraga yang aku cintai. Aku telah menjadi bagian di sini sejak usia 15 tahun dan aku mengetahui beberapa hal (selain membalap) dan aku kira aku masih bisa berkontribusi di olahraga ini."

Dani Pedrosa mengakhiri konferensi pers sambil melambaikan tangan dan diiringi oleh tepuk tangan dari media, tim, official, teman dan juga keluarga yang hadir.

Berita Terkait

Berita Terkini