Events

4 Fakta Menarik Jelang Silverstone Grand Prix

Sirkuit Silverstone punya sejarah panjang soal penyelenggaraan adu cepat jet darat. Tidak hanya cerita seru dan menegangkan khas balapan, tapi juga cerita lucu dibaliknya.

Rendy Adrikni Sadikin | Praba Mustika

Silverstone/populous.com
Silverstone/populous.com

Mobimoto.com - Nanti malam pukul 20.00 Waktu Indonesia Barat, lanjutan balap Formula 1 akan dihelat di Sirkuit Silverstone Inggris.

Race ke-10 kali ini akan diadakan di Sirkuit Silverstone, Inggris yang berada di Northamptonshire tapi juga ada bagian sirkuit yang masuk ke area Buckinghamshire. Bahkan pintu masuk sirkuit ini berada di sisi Buckinghamshire.

Sirkuit ini telah berdiri sejak 1947, di atas lahan Angkatan Udara Inggris atau Royal Air Force dan ada beberapa fakta unik dan menarik tentang sirkuit Silverstone.

Sebelum nonton balapannya, yuk mobimoto akan kasih beberapa fakta unik dan menarik sirkuit Silverstone.

1. Yang Pertama
Sirkuit sepanjang 5.9 KM ini adalah sirkuit pertama yang menyelenggarakan balapan mobil saat itu dengan nama British Grand Prix.

Diselenggarakan pada tanggal 13 Mei tahun 1950 dengan kurang lebih 20 pebalap turut serta.

2. Menguntungkan Tuan Rumah
Pembalap Formula 1 asal Inggris era 80 hingga 90an Nigel Mansell mengatakan bahwa dukungan fans ketika balapan di Silverstone bisa meningkatkan kecepatan.

Pernyataan Nigel Mansell cukup bisa dibuktikan karena memang driver asal Inggris mencatatkan prestasi yang bagus di rumah sendiri.

Lewis Hamilton/standard.co.uk
Lewis Hamilton/standard.co.uk

Hanya empat pembalap yang berhasil mendapat pole position tiga kali berturut-turut, yaitu Jim Clark, Nigel Mansell, Damon Hill dan Lewis Hamilton. Semuanya dari Inggris.

3. Hampir Ditinggalkan
Pada tahun 2009 Sirkuit Silverstone hampir saja menyudahi kisah panjang penyelenggaraan adu balap jet darat.

Saat itu, Donington Park menandatangani kontrak penyelenggaraan British Grand Prix.

Tapi kemudian batal karena Donington Park gagal menyelesaikan pembenahan fasilitas tepat pada waktunya. Jadilah, Silverstone tetap menjadi penyelenggara British Grand Prix hingga saat ini.

4. "Mutton Grand Prix"
Sirkuit dengan 18 tikungan ini punya cerita menarik pada 1947, saat sirkuit masih dalam tahap pembangunan.

Silverstone tahun 1950/pinterest.com
Silverstone tahun 1950/pinterest.com

Jadi saat itu, penduduk setempat seorang bernama Maurice Geoghegan bersama 11 temannya mengadakan balapan ilegal.

Saat race, Geoghegan menabrak domba yang tersesat dan masuk ke dalam trek. Si domba dikabarkan tewas dan mobil yang dipakai Geoghegan rusak.

Karena cerita itulah, mengapa British Grand Prix juga dijuluki "Mutton Grand Prix". Mutton sendiri berarti daging kambing.

Berita Terkait

Berita Terkini